Peduli Gempa Sidempuan, BSMI Sumut Dirikan Posko Kesehatan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Peduli Gempa Sidempuan, BSMI Sumut Dirikan Posko Kesehatan

SUARAMEDAN.comSebanyak 10 orang relawan BSMI Sumut yang membawa bantuan medis dan logistik diterjunkan ke lokasi gempa bumi di padang sidempuan, Selasa (18/07/2017).

Beberapa waktu yang lalu, gempa berkekuatan 5,5 SR mengguncang kota padang sidempuan dan sekitarnya. Banyak rumah yang mengalami kerusakan. Akibatnya warga tidak berani untuk berada di dalam rumah, karena takut akan tertimpa bahan bangunan. Hal ini diperparah dengan masih sering terjadi gempa susulan, bahkan hingga saat ini.

Melihat kondisi tersebut, tim tanggap bencana (TB) BSMI Sumut yang diketuai oleh dr. Tengku Benyamin langsung mengambil gerak cepat dengan menerjunkan relawan tanggap bencana yang terdiri dari tim medis dan non medis dengan membawa bahan obat-obatan serta paket logistik sembako. Sebanyak 10 orang relawan diterjunkan ke lokasi gempa hari senin malam (17/07/2017) dan tiba dilokasi selasa siang.



Setibanya dilokasi, tim langsung melakukan survey kelokasi bencana, khususnya lokasi pengungsian. Setelah melakukan pengamatan, tim memutuskan perlunya dibentuk posko kesehatan. Hal ini didasarkan atas perkembangan kesehatan warga yang mengungsi. Banyak dari mereka yang mulai mengeluhkan kondisi kesehatannya yang mulai terganggu. Mulai dari sesak didada, batuk, demam, pusing serta keluhan penyakit lainnya. Ini dikarenakan banyak warga yang tidur diluar rumah, yang hanya beratapkan terpal putih ditemani angin malam yang menusuk kulit, tentu ini akan berdampak pada penurunan kondisi kesehatan warga. Banyak warga yang masih mengalami trauma. Karena hingga saat ini gempa susulan masih sering terjadi. 



Hingga malam ini Posko kesehatan BSMI masih terus didatangi warga, tercatat lebih dari 130 warga yang sudah mendaftarkan diri untuk diberikan layanan kesehatan gratis. Jumlah ini masih terus bertambah, mengingat masih banyak warga yang belum memeriksakan kesehatannya. Direncanakan esok hari, Tim akan kembali memberikan layanan kesehatan. Obat-obatan dan sembako menjadi kebutuhan yang sangat diharapkan.

BSMI terus membuka keran donasi untuk membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah gempa bumi dipadang sidempuan dengan terus memberikan donasi melalui rekening Bank Syariah Mandiri 7066984693 a/n. Bulan Sabit Merah Indonesia. 

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Peduli Gempa Sidempuan, BSMI Sumut Dirikan Posko Kesehatan"

Post a Comment