Penyebab Terjadinya Tragedi Mina - Suara Medan | Info Medan Terkini

Penyebab Terjadinya Tragedi Mina

Penyebab Terjadinya Tragedi MinaSUARAMEDAN.com -Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, yang tengah bertugas sebagai Tim Pengawas DPR terhadap pelaksanaan ibadah haji di Mekah, menduga, rombongan jemaah haji itu tewas karena saling berdesakan dan saling injak saat ingin melontar jumrah. Mereka diduga berduyun-duyun mempercepat pelontaran pada pagi hari untuk mengejar waktu afdol, sekaligus menghindari cuaca panas menjelang siang.

"Karena ketika wukuf di Arafah suhu udara 50 derajat, bahkan ada yang bilang 55 derajat. Itu suhu sangat panas. Karena itu mungkin pelontaran di pagi hari itu untuk menghindari suhu panas," ujarnya.
Sementara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dilansir televisi Al Arabia menyebut ada tiga penyebab peristiwa Mina kali ini, pertama, jemaah haji yang berdesak-desakan.

Kedua, jemaah haji ini saling mendorong ketika menuju tempat lempar jumrah Aqabah. Ketiga, adanya jemaah yang melawan arus. Diduga, mereka ada yang ke luar bukan dalam waktu yang ditetapkan.
Kementerian mengungkapkan jamarat sebetulnya terdiri dari enam tingkat tempat pelemparan jumrah. Lantai di bawah tanah, khusus untuk para undangan kerajaan dan pemerintah Arab Saudi.

Sementara, jemaah yang berasal dari masyarakat umum, pelemparah jumrah dilakukan di lantai dasar hingga lantai empat. Dari enam tingkat ini sudah ditentukan jalur masing-masing kalangan jemaah haji, baik jalur tamu negara, lansia dan umum.

"Jadi sudah diatur dengan baik, sehingga mereka yang berada di kemah itu akan ke luar sesuai jadwal yang telah diberikan dan setiap jemaah telah memiliki arah dan jalur menuju pelontaran jumrah," kata pejabat Kementerian

sumber : Viva

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Penyebab Terjadinya Tragedi Mina"

Post a Comment