Pemimpin HDP Mengancamam akan terjadi Perang Saudara di Turki - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pemimpin HDP Mengancamam akan terjadi Perang Saudara di Turki

Pemimpin HDP Mengancamam akan terjadi Perang Saudara di Turki

SUARAMEDAN.comPemimpin utama partai pro-Kurdi Turki HDP memberikan ancaman kepada Turki akan terjadinya "perang saudara".  Setelah beberapa hari lalu tentara Nasional Turki memberikan gelombang serangan di markasnya.

Ketegangan telah meningkat tajam di Turki dalam beberapa hari terakhir, karena pemerintah menekan operasi militer besar-besaran terhadap Partai (PKK) pejuang Pekerja Kurdistan, dan pemberontak membalas dengan serangan harian terhadap tentara dan polisi.

Pada Selasa malam, ribuan demonstran turun ke jalan di Ankara dan kota-kota lain untuk mengutuk serangan PKK di daerah timur Turki, di mana dua serangan menewaskan 29 tentara dan polisi.

Para demonstran membidik Partai Rakyat Demokratik pro-Kurdi '(HDP), yang mereka tuduh berkolaborasi dengan PKK, membakar sebuah kamar di markas partai di Ankara dan juga pengaturan kantor di selatan kota Alanya.
Media Turki mengatakan 93 orang ditahan di Istanbul selama serangan.

Dukungan kepada negara 'hukuman mati tanpa pengadilan'

Pemimpin HDP Selahattin Demirtas mengecam apa yang ia sebut sebagai dua malam "menggantung" yang didukung pemerintah partai.

"Kami menghadapi kampanye menggantung," katanya, meletakkan menyalahkan di kaki Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Ahmet Davutoglu.
"Dalam hal ini, kami bukan pengambil keputusan untuk memulai perang ini dan mengintensifkan itu ... keputusan telah diambil oleh presiden dan perdana menteri," katanya dalam komentar yang disiarkan televisi.

"Mereka ingin membuat perang saudara dan dua hari terakhir telah latihan untuk ini," katanya.

Mengatasi konferensi pers di Ankara dengan mengunjungi Presiden Uni Eropa Donald Tusk, Erdogan memukul balik, mengatakan Demirtas adalah "gila" dengan mengancam akan terjadi perang saudara: ". Jika Anda berpihak terorisme Anda harus menerima konsekuensinya"

Pemimpin HDP harus "memilih antara demokrasi dan terorisme", kata Erdogan.
Tak lama setelah itu, kantor kejaksaan di tenggara kota Diyarbakir mengumumkan telah meluncurkan kasus terhadap Demirtas untuk "menghina presiden", "memaafkan organisasi teroris" dan "menghasut kejahatan".

Jaksa akan berusaha agar Demirtas dilucuti kekebalan parlemen, kata kantor pemerintah.

Demirtas mengatakan partai telah menderita lebih dari 400 serangan terhadap properti.

"Tujuan dari terorisme adalah untuk melemahkan ikatan persaudaraan kami. Menyerang pers dan milik partai politik tidak dapat diterima," premier menulis di Twitter.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pemimpin HDP Mengancamam akan terjadi Perang Saudara di Turki"

Post a Comment