Jika Di Izinkan , TNI Akan Terjunkan Pasukan Elit Ke PNG Untuk Bebaskan WNI - Suara Medan | Info Medan Terkini

Jika Di Izinkan , TNI Akan Terjunkan Pasukan Elit Ke PNG Untuk Bebaskan WNI

Jika Di Izinkan , TNI Akan Terjunkan Pasukan Elit Ke PNG Untuk Bebaskan WNI



SUARAMEDAN.com - Negosiasi pembebasan sandera dua warga negara Indonesia (WNI) kini masih berlangsung alot. Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI (Kapuspn) Mayjen Endang Sodik memamaparkan, jika pemerintah Papua New Guinea (PNG) mengizinkan prajurit militer Indonesia membantu, maka pihaknya akan menerjunkan pasukan elit yakni Kopassus, Den Bravo, Denjaka dan Kopsusgab.

Saat ini, TNI tengah mengajukan izin untuk memasuki wilayah PNG. Terlebih batas waktu pembebasan yang disepakati bakal habis pada pukul 12.00 waktu PNG.

“Nanti setelah mereka memberikan kewenangan kepada kita, atas izin pemerintah PNG kita baru masuk,” ujar Endang di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (15/9/2015) seperti dilansir waspada.co.id.

Endang menegaskan, jika pasukan elit TNI sudah turun ke lokasi, pihaknya menjamin waktu pembebasan akan berlangsung selama lima menit. Meski demikian, pihaknya masih menunggu perkembangan terakhir serta mengutamakan negosiasi.

“Bisa saja lima menit selesai, cuma kita tidak mau membabi buta. Kita menghormati kedaulatannya PNG,” imbuhnya.

Sementara tawaran barter tahanan, lanjut Endang, merupakan kewenangan kepolisian. Pasalnya, yang diminta oleh kelompok separatis merupakan pelaku kriminal yang terlibat dalam insiden Abepura berdarah 2012 silam.

“Kita belum tahu siapa karena identitasnya juga belum jelas siapa, Polri yang tahu. Karena itu masuk wilayah kriminal, Polri yang tahu, kita koordinasi,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Jika Di Izinkan , TNI Akan Terjunkan Pasukan Elit Ke PNG Untuk Bebaskan WNI"

Post a Comment