Usulan Fahri Hamzah Tentang Komnas HAM Menuai Kontroversi - Suara Medan | Info Medan Terkini

Usulan Fahri Hamzah Tentang Komnas HAM Menuai Kontroversi


Usulan Fahri Hamzah Tentang Komnas HAM Menuai KontroversiSUARAMEDAN.com - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendorong Presiden Joko Widodo terus melakukan evaluasi terhadap lembaga negara. Sebelumnya Fahri pernah menyambut positif saat Presiden Jokowi akan melakukan pembubaran 10 lembaga negara pada Desember 2014 lalu, namun langkah Jokowi "kandas" di tengah jalan. 


"Waktu itu saya sudah pernah ketemu Presiden, saya ucapan selamat. Nah, beliau katakan kita terus lakukan evaluasi, kan begitu. Bayangkan, dari tahun 2014 sekarang 2017, sudah tiga tahun berikutnya, belum satu pun yang dibubarkan," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Kali ini Fahri mengusulkan agar Presiden Jokowi meleburkan Komnas HAM ke Dirjen HAM. Fahri menilai kedua lembaga tersebut saling tumpang tindih dalam melakukan pekerjaannya.

Fahri menyebutkan, terdapat 106 lembaga semi negara yang harus dievaluasi, karena kinerjanya saling tumpang tindih. Ia mempertanyakan lembaga negara yang masih berdiri, sementara institusi intinya sudah bekerja dengan baik, termasuk persoalan Komnas HAM.

"Komnas HAM itu lembaga independen. Ada Dirjen HAM, dan mereka kerjanya sama, tapi bagaimana kita lihat kita evaluasi," ujar Fahri.

Fahri menduga sistem Komnas HAM belum baik karena ditempa banyak masalah. Akhirnya, masuklah unsur politik serta kelompok aliran. Fahri pun menyarankan Komnas HAM bergabung dengan Dirjen HAM pada Kementerian Hukum dan HAM.

Baca: Minta Jokowi Keluarkan SP3 Kasus Rizieq Shihab, Eggi Sudjana: Hal Privat Enggak Bisa Diperkarakan

"Ya gabung saja dengan Dirjen HAM. Bagaimanapun HAM lembaga bagian dari negara, yang bukan saja konsen di dalam negeri, tapi konsen di dunia internasional. Dunia internasioanl ingin tahu perkembangan HAM di Indonesia ini," tutur Fahri.

Fahri menuturkan, pemerintah harus bertanggungjawab terhadap lembaga-lembaga tersebut. Termasuk, evaluasi penegakan HAM di Indonesia.

"Tidak boleh lihat-lihat di Komnas HAM, tapi dilihat ke Presiden yang dipilih oleh rakyat," ucap Fahri.


sumber: wartakota

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Usulan Fahri Hamzah Tentang Komnas HAM Menuai Kontroversi"

Post a Comment