Ahok Mendapat Perlawanan dari IDI - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ahok Mendapat Perlawanan dari IDI


Ahok Mendapat Perlawanan dari IDISUARAMEDAN.com - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Cahaya Purnama atau biasa disapa Ahok mengenai kemauannya untuk mendorong perawat setara dengan dokter mendapat tanggapan dari Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah DKI Jakarta, berikut tanggapan IDI atas penyataan Ahok.


Yth. Dewan Redaksi Warta Kesehatan

Bersama ini kami sampaikan sikap IDI Wilayah DKI Jakarta terkait dengan Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Bapak Ahok yang menyatakan bahwa “Beliau akan mendorong agar perawat di Indonesia seperti di Amerika, kalau orang sakit tidak perlu ke dokter tapi panggil perawat ke rumah” diacara jamuan makan malam gubernur bagi peserta konfrensi perawat Internasional ke 5 di Jakarta.

IDI wilayah DKI menyayangkan pernyataan Yth Bapak Ahok tersebut. Perlu kami sampaikan bahwa antara Dokter dan perawat adalah mitra dalam melakukan pelayanan kesehatan . Kesetaraan antara dokter dan perawat bukan ditunjukan dengan memberikan kewenangan dokter (pengobatan ) kepada perawat, tetapi harusnya dengan menyetarakan dalam menjalankan tugas secara professional sesuai dengan kewenangan masing masing.

Dokter bertugas mengobati pasien, sedangkan perawat bertugas merawat pasien dengan asuhan keperawatan. Tugas utama perawat sesuai UU Keperawatan adalah melakukan Asuhan Keperawatan , bukan mengobati orang sakit. Perawat sesuai UU Praktek kedokteran dan UU Keperawatan dapat melakukan tindakan medis/pengobatan kepada pasien hanya di daerah yang terpencil yang tidak ada dokter. Seorang dokter dalam menjalankan tugasnya butuh berkolaborasi dengan perawat sesuai dengan tugas dan kewenangan masing masing.

Dalam melayani pasien antara Dokter dan perawat mempunyai hubungan sangat dekat, kami kuatir dengan pernyataan pak Ahok tersebut menjadikan hubungan kami menjadi kurang baik dalam menjalankan tugas . Di Luar negeri sudah sangat jelas pembagian tugas dan kewenangan antara dokter dan perawat, di Amerika Serikat pun seorang perawat tidak mengobati pasien, yang mengobati pasien sakit adalah seorang dokter.

IDI wilayah DKI Jakarta mendorong agar pelayanan kesehatan dilakukan secara team yang terdiri dari Dokter sebagai leader, perawat, bidan dan atau tenaga kesehatan lainnya. Jadi pelayanan kepada masyarakat akan menjadi optimal, hal ini seperti yang terjadi di Negara lain. Besar harapan kami agar Pemda DKI mendorong hal tersebut.


Hormat Kami
Dr. Slamet Budarto,SH,MH.Kes
(ketua IDI Wilayah DKI Jakarta)

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ahok Mendapat Perlawanan dari IDI"

Post a Comment