Ada 'Penumpang Gelap' di Pansus Halal Higienis DPRD Medan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ada 'Penumpang Gelap' di Pansus Halal Higienis DPRD Medan

SUARAMEDAN.com - Pemilihan dan penetapan Hendrik Halomoan Sitompul menjadi Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis menjadi polemik.

Soalnya, dalam pemilihan ketua Pansus itu ada seorang anggota DPRD Kota Medan yang bukan anggota Pansus Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis ikut memilih alisa 'penumpang gelap'.

Wakil Ketua Pansus Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis, Rajuddin Sagala memprotes hal tersebut dengan melakukan interupsi  saat rapat paripurna pemandangan umum fraksi-fraksi atas Ranperda Kota Medan tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kota Medan, Selasa (25/10) yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Medan, Henry Jhon Hutagalung.

"Interupsi ketua, terkait pemilihan ketua Pansus Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis kemari, ada anggota dewan yang bukan anggota Pansus ikut memilih yakni pak Anton," paparnya.

Ketua Fraksi PAN yang juga anggota Pansus Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis, T Bahrumsyah pun ikut mengkritisi kehadiran Anton Pangabean di dalam rapat Pansus tersebut.

T Bahrumsyah meminta sekretariat dewan memverifikasi jumlah daftar hadir dengan jumlah suara dalam pemilihan ketua Pansus itu."Anggota Pansus di daftar hadir ada 17 orang. Tapi kertas suaranya ada 18 orang dan Ini harus diverifikasi," ungkapnya.

T Bahrumsyah menambahkan pemilihan ketua Pansus Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis itu tidak sah dan harus diulang kembali. "Ini hanya karena pemilih yang gak punya hak suara. Harus dipilih ulanglah pemilihan ketuanya," pungkasnya.

Anton Pangabean pun langsung mengklarifikasinya. Anton mengungkapkan alasannya ikut dalam pemilihan ketua Pansus Pengawasan Serta Jaminan Produk Halal dan Higienis dikarenakan Anton diundang untuk mengikuti rapat pemilihan Pansus tersebut."Saya datang karena saya diundang staf lewat SMS," paparnya di rapat paripurna tersebut.

Sebagai pimpinan rapat paripurna, Henry Jhon Hutagalung pun coba menengahi masalah tersebut. Henry akan mengecek kebenaran masalah itu."Saya periksa dulu nanti. Tapi yang berhak datang itu anggota Pansus," ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ada 'Penumpang Gelap' di Pansus Halal Higienis DPRD Medan"

Post a Comment