Terkena Imbas Pembangunan Rel KA Medan Kuala Namu, 21 Rumah Warga Jalan Timah di Rontokkan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Terkena Imbas Pembangunan Rel KA Medan Kuala Namu, 21 Rumah Warga Jalan Timah di Rontokkan

Terkena Imbas Pembangunan Rel KA Medan Kuala Namu, 21 Rumah Warga Jalan Timah di Rontokkan
SUARAMEDAN.com - Pembangunan rel kereta api jalur ganda dari Medan ke Kuala Namu, berimbas terhadap tergusurnya pemukiman pendudum yang sudah puluhan tahun berdiri di pinggiran rel tersebut. Sedikitnya 21 rumah warga dirontokkan dengan alat berat.

Pihak PTKAI menurunkan alat berat untuk merubuhkan rumah-rumah warga yang berada sekitar 6 meter dari pinggiran rel. Guna menghindari keributan, ratusan personil gabungan Polri, TNI dan Satpol PP diturunkan ke lokasi penggusaran di Jalan Timah, Kecamatan Medan Area, Rabu (26/10).

Dilansir sorotdaerah.net, puluhan pemilik rumah yang mengaku sudah puluhan tahun menempati areal pinggiran rel itu melempari alat berat dengan lumpur. Polisi pun langsung menghalau mereka. Beberapa warga juga sempat adu mulut dengan pihak PTKAI dan personil kepolisian.

Tak berdaya menghadapi alat berat itu, para warga pun hanya bisa remuk hati melihat rumah mereka lantak dirontokkan. Jeritan serta tangisan histeris warga membuat suasana menjadi haru. Bahkan beberapa anak ikut menangisi rumahnya yang rata dengan tanah.

“Rumah kami jangan dirubuhkan, pak, tolong. Kami mau tinggal dimana?” jerit seorang bocah kecil.

Evianti (51), salah seorang pemilik rumah yang dihancurkan, juga tak henti-hentinya menangis. Ia mengaku sudah puluhan tahun tinggal di sana. “Dari orangtua saya dulu masih hidup, saya sudah dicsini Nak. Bahkan sekarang kami sudah 4 keluarga tinggal di sini. Semua rumah saudara saya juga dirubuhkan,” katanya.

Humas PT KAI, Joni Martinus mengaku sudah memberitahukan penggusuran tersebut sejak lama dengan warga pinggiran rel. Ia juga mengatakan warga dilokasi membangun pemukiman tanpa izin di lahan milik PT KAI.

“Penertiban terhadap bangunan tanpa izin di lahan milik PT kereta api di mulai dari jam 08.30 sampai jam 13.00 WIB. Realisasinya, 21 bangunan yang kita tertibkan. Saat ini kita sedang melakukan pemasangan pagar,” ungkapnya.

Dia menegaskan, dalam upaya penggusuran tersebut, pihaknya tidak memberikan kompensasi. Namu ia mengaku hanya memberikan uang tali kasih yang jumlahnya Rp 1,5 juta per kepala keluarga.

Kasat Sabhara Polrestabes Medan, Kompol Siswandi menurunkan personil keamanan dari Polri, TNI dan Satpol PP berjumlah 600 orang. [sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Terkena Imbas Pembangunan Rel KA Medan Kuala Namu, 21 Rumah Warga Jalan Timah di Rontokkan"