Pisah Sambut, Lantamal I Belawan Garda Terdepan Cegah Masuknya Narkoba - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pisah Sambut, Lantamal I Belawan Garda Terdepan Cegah Masuknya Narkoba

Pisah Sambut, Lantamal I Belawan Garda Terdepan Cegah Masuknya Narkoba
SUARAMEDAN.comGubsu HT Erry Nuradi mengatakan Lantamal I Belawan adalah garda terdepan dalam memcegah penyeludupan narkoba ke Sumatera Utara. Karenanya Gubernur berharap di bawah kepemimpinan Dan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan,SH, peran pencegahan masuknya narkoba tetap optimal guna menghindari dampak peredaran narkoba yang merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubsu dalam acara Pisah sambut dan lantamal 1 Brigjend TNI (mar) Widodo Dwi Purwanto kepada Laksamana Pertama TNI Roberth Wolter Tappangan,SH di rumah dinas Gubsu, Jalan Sudirman, Selasa (26/10) malam. Menurut Gubsu Lantamal I Belawan memilik kontribusi yang besar bagi Sumatera Utara, terutama dalam menjaga keamanan laut di Selat Malaka. 

Wilayah pantai Sumut dikatakannya dijaga oleh dua Lantamal yaitu Lantamal 1 Belawan untuk kawasan pantai timur di sepanjan selat malaka, dan Lantamal 2 di pantai barat yang berpusat di Sumbar. 

Peran Lantamal I Belawan menurutnya strategis mengingat wilayah tugasnya di Selat Malaka yang berbatasan langsung dengan negara jiran.  “Lantamal I Belawan sangat strategis dalam menghadapi kegiatan illegal di laut, baik illegal fishing maupun penyeludupan dari negara tetangga, tapi yang paling dikhawatirkan adalah masuknya narkoba dari negara jiran. Karenanya garda terdepan adalah Lantamal terutama Lantamal 1 Belawan yang berbatasan langsung dengan negara jiran,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Gubsu menyampaikan terimakasih kepada pejabat lama TNI (mar) Widodo Dwi Purwanto yang sudah bertugas lebih kurang 7 bulan sebagai Komandan Lantamal 1 Belawan. “Walau pun sebentar, namun menurur catatan kami Pak Widodo banyak berkontribusi ke Sumut, terutama dalam memimpin penjagaan keamanan laut di Selat Malaka,” kata Erry. 

Erry menyebutkan masih ada keinginan Widodo yang belum kesampaian yaitu membina nelayan Belawan dan buat rumpon.  “Saya berharap Pak Robert bisa melanjutkannya termasuk pembenahan kampung nelayan,” katanya.  Gubsu mengharapkan kerjasama dan koordinasi dengan Lantamal 1 Belawan akan semakin baik dan ditingatkan pada masa mendatang.


Widodo mengatakan selama bertugas 7 bulan satu minggu sebagai Dan Lantamal 1 Belawan cukup banyak pengalaman yang dapat diambil sebagai pelajaran. Hal pertama, kata Widodo, adalah  hubungan silahturahmi dan koordinasi antara pimpinan FKPD yang baik sekali. "FKPD berupaya keras mendukung program pembangunan di Sumut berjalan sebaik-baiknya," ujarnya. 

Hadir dalam kesmpatan itu unsur FKPD Sumut, para rector, Forum Koordinasi umat Beragama, pimpinan SKPD dan jajaran Lantamal 1 Belawan.[sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Pisah Sambut, Lantamal I Belawan Garda Terdepan Cegah Masuknya Narkoba"