Hajab Kita !, PD.Pasar Rugi, Dirutnya Ngaku Jantungan Gaji Karyawan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hajab Kita !, PD.Pasar Rugi, Dirutnya Ngaku Jantungan Gaji Karyawan

SUARAMEDAN.com - Pelaksana Tugas (Plt) Perusahaan Daerah (PD) Ikhwan Habibi Daulay mengaku jantungan memikirkan gaji pegawai yang bekerja di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dipimpinya.

Kegundahan itu disampaikan Ikhwan dalam rapat pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2016, di ruang Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Medan Henry Jhon Hutagalung, Rabu (26/10/2016) petang.

"Selama ini, gaji dan tunjangan karyawan menjadi beban kami. Anggaran itu saja memakan anggaran hingga 60 persen belum lagi biaya operasional seperti listrik dan air," jelas Habibi.

Dijelaskannya juga, kondisi di PD. Pembangunan saat ini perlu penanganan khusus diantaranya soal over kapasitasnya karyawan di PD. Pembangunan.

"Jantungan jadinya mikirin gaji pegawai, kita berfikir jangan sampai pegawai tidak gajian," jelasnya seraya mengatakan keberadaan PD.Pembangunan ini perlu penanganan khusus.

Dihadapan puluhan anggota DPRD Medan, Ikhwan Habibi menjelaskan pada tahun 2015, PD Pembangunan mengalami kerugian Rp 2,6 miliar dengan Pendapatan 8,7 miliar dan Pembiayaan sebesar Rp11,4 miliar

Pada semester 1 tahun 2016  PD Pembangunan juga mengalami kerugian sebesar Rp 1,9 miliar dengan pendapatan Rp.4,3 miliar  dan Pembiayaan Rp6,3 miliar

Sementara itu, untuk realisasi penerimaan dari bulan  Januari sampai September  sebesar Rp 7,4 miliar.

Dikatakannya, terkait saldo awal penyertaan Modal Pemko tahun 2012 Rp.5,9 miliar, realisasi dana penyertaan modal tahun 2016 Rp.315 juta

"Penggunaan penyertaan modal Pemko dari tahun 2012/2016  sebesar Rp 3,7 miliar. Sisa dana penyertaan modal  per 30 September 2016 sebesar Rp1,3 miliar," jelas Habibi.

Sementara itu,  Anggota DPRD Medan Muhammad Nasir meminta PD. Pembangunan dirubah menjadi Perseroan Terbatas.

"Kita melihat keberadaannya terus menjadi beban, kita sarankan diubah saja menjadi PT," jelasnya.

Sementara itu, anggota DPRD lainnya HT. Bahrumsyah mengingatkan pentingnya membangun BUMD yang baik dari awal salahsatunya dengan rekrutment direksi BUMD.

Hal yang sama juga diungkapkan Henry Jhon yang mengaku sedih dengan kondisi BUMD terus merugi. "Saya jadinya sedih melihat BUMD ini, sepertinya salah urus," jelasnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Hajab Kita !, PD.Pasar Rugi, Dirutnya Ngaku Jantungan Gaji Karyawan"