Pemerintah Akan Kerjasama dengan Alibaba - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pemerintah Akan Kerjasama dengan Alibaba


Pemerintah Akan Kerjasama dengan AlibabaSUARAMEDAN.com - Jakarta. Trobosan baru dilakukan Pemerintah Indonesia di bidang Ekonomi. Pemerintahan Jokowi kembali lagi melakukan kerjasama dengan perusahaan Raksasa China, Alibaba. 


Alibaba menyatakan dukungannya terkait visi pemerintah Indonesia dalam mendorong UKM untuk memasuki pasar global. Hal ini disampaikan CEO Alibaba Group, Jack Ma, saat Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri berkunjung ke kantor pusat Alibaba di Hangzhou, Tiongkok.

Ma menyebut, usaha kecil harus diberikan kesempatan dan akses terhadap teknologi demi berkembang dengan lebih baik. Ini merupakan pandangan yang juga dimiliki Presiden Joko Widodo, yang kerap disampaikan di sejumlah kesempatan di Indonesia.

"Jack Ma pribadi dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini. Visi dari Jack Ma itu juga sama, yakni bagaimana memfokuskan sasaran kepada UKM," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia dan Alibaba Group telah bekerja sama dalam memasarkan produk Indonesia di Tiongkok melalui platform layanan Tmall, atau sebelumnya bernama Taobao Mall. Pada platform ini terdapat Inamall, berisi produk asal Indonesia yang masuk dalam kategori fast moving consumer goods (FMCG).

Inamall yang mulai beroperasi pada 8 Juli 2016 ini juga disebut sebagai kelanjutan dari kerja sama Kementerian Perdagangan di bawah kepemimpian Thomas Lembong. Selain itu, Inamall juga ditujukan sebagai sarana untuk memasarkan produk khas Indonesia ke pasar Tiongkok demi meningkatkan nilai ekspor.

Selain pasar Tiongkok, kerja sama dengan Alibaba Group ini juga diharapkan dapat membantu produk Indonesia merambah pasar internasional lainnya. Hal ini dapat dilakukan melalui AliExpress sebagaiplatform lain milik Alibaba, yang lebih menyasar pasar global yang lebih luas.

Bentuk kerja sama lain juga dihadirkan Alibaba Group dan Pemerintah Indonesia melalui bidang pariwisata. Alibaba dinilai memiliki layanan pendukung program pariwisata yang dicanangkan pemerintah Indonesia, salah satunya layana pemesanan tiket online.

Dukungan Alibaba Group terhadap pemerintah karena raksasa e-commerce Tiongkok ini memiliki fokus layanan untuk menghubungkan berbagai jenis usaha mikro kecil dan menengah dengan konsumen, baik di dalam maupun luar negeri, serta usaha kaum muda.

sumber : Metronews

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pemerintah Akan Kerjasama dengan Alibaba"

Post a Comment