Harapkan Partisipasi Pemilih Meningkat, Gubsu Resmikan Rumah Pintar Pemilu - Suara Medan | Info Medan Terkini

Harapkan Partisipasi Pemilih Meningkat, Gubsu Resmikan Rumah Pintar Pemilu

Harapkan Partisipasi Pemilih Meningkat, Gubsu Resmikan Rumah Pintar Pemilu
SUARAMEDAN.com - Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi, Msi mengharapkan Rumah Pintar Pemilu menjadi sarana untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Sumatera Utara. Hal itu disampaikanya pada aPeresmian Rumah Pintar Pemilu Propinsi Sumatera Utara di Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara (27/9).

Acara tersebut dihadiri Ketua KPU RI Jurri Ardyantoro, Ketua KPU Sumut, Para Anggota Komisioner KPU Sumut, Ketua Bawaslu Sumut, Para Rektor Universitas Negeri/ Swasta Sumut, Asisten Pemerintahan Setda Provsu Hasiholan Silaen SH, Mahasiswa/ Pelajar serta undangan lainnya.

Menurut Gubernur, Rumah Pintar Pemilu juga merupakan sarana demokrasi dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Melalui Rumah Pintar Pemilu, ujarnya masyarakat dapat berpartisipasi lebih luas dalam pemilu mendatang baik dari segi angka maupun kualitas pemilih dalam Pemilu sehingga akan terwujud konsep pemilih yang berkelanjutan.

“Kehadiran Rumah Pintar Pemilu diharapkan memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat tentang proses kepemiluan,”katanya.

Dikatakannya, di Rumah Pintar Pemilu masyarakat dapat belajar kepemilihan dan demokrasi sehingga dapat memberikan pembelajaran dalam membangun demokrasi di Indonesia umumnya dan Provinsi Sumatera Utara khususnya. Hal itu sesuai dengan tujuan bernegara yang tercantum pada Pembukaan UUD 1945 yaitu Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Ditambahkannya, Kecerdasan Berbangsa merupakan modal utama untuk mengatasi persoalan yang dihadapi serta mengolah kekayaan yang dimiliki untuk mensejehterakan rakyat. Rakyat perlu dibuat cerdas dan melek politik agar tidak mudah dimanfaatkan sebagai pemilih dan menyadari bahwa segala kebijakan yang dibuat pemerintah merupakan efek dari kegiatan politik.

Pada Acara tersebut Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Jurri Ardyantoro mengatakan dengan dibangunnya Rumah Pintar Pemilu ini diharapkan bermanfaat dan sekaligus mengembalikan kepercayaan masyarakat serta menjadikan Pendidikan tentang Pemilu kepada masyarakat Sumatera Utara.

Sebelumnya Ketua KPU Sumut Mulia Banuarea,  MSi  mengatakan bahwa Rumah Pintar Pemilu merupakan Agenda Khusus KPU Republik Indonesia yang bertujuan untuk memberikan Pendidikan Politik bagi masyarakat Sumatera Utara sekaligus memotivasi masyarakat pemilih pemula dengan memberikan sosialisasi ke beberapa sekolah secara langsung sebagai Inspektur Upacara setiap hari Senin.

Dalam kesempatan tersebut dilaksankan MoU antara KPU dengan beberapa Rektor Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta diantaranya Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Rektor Universitas Darma Agung (UDA), Rektor Universitas Islam Negeri, Rektor Universitas Medan Area, Rektor Universitas Sisingamangaraja XII, Rektor Universitas Muslim Nusantara, Rektor UMSU. [sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Harapkan Partisipasi Pemilih Meningkat, Gubsu Resmikan Rumah Pintar Pemilu"

Post a Comment