Luar Biasa, Turki Siap Tampung Pengungsi Dari Mousul - Suara Medan | Info Medan Terkini

Luar Biasa, Turki Siap Tampung Pengungsi Dari Mousul


Luar Biasa, Turki Siap Tampung Pengungsi Dari MousulSUARAMEDAN.com - Jakarta,- Sebagai negara Islam yang maju, Turki selalu berperan aktif terhadap permasalahn umat Islam di Dunia. Menyikapi Perang di Mousul, Irak yang telah pecah beberapa hari yang lalu, Pemerintah Turki mengaku siap menampung warga yang melarikan diri dari Kota Mosul.


Gempuran militer dari pasukan Irak di kota itu untuk memberangus kelompok militan ISIS telah memaksa ratusan ribu rakyat sipil mengungsi keluar dari kampung halamannya. 

Badan pengungsi PBB, UNHCR, memperkirakan sekitar 100 ribu warga Irak melarikan diri dari Mosul akibat serangan militer itu. Para pengungsi diduga akan menuju Suriah dan Turki.

Pasukan pemerintah Irak, dengan dukungan pasukan udara dan darat dari koalisi pimpinan AS, meluncurkan serangan militer besar-besaran ke Mosul sejak Senin (17/10), dalam upaya merebut kembali kota itu dari cengkraman ISIS. 

Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus, mengkritik operasi militer Irak itu, dengan menegaskan bahwa Irak seharusnya tidak membiarkan milisi Syiah turut bagian dalam operasi perebutan kota yang sebagian besar dihuni Muslim Sunni itu. 

"Jika operasi Mosul ditangani dengan benar, maka tidak akan ada gelombang pengungsi ke Turki," kata Kurtulmus dalam konferensi pers di Ankara, dikutip dari Reuters. 

"(Tapi) jika terjadi kesalahan [dalam operasi] Mosul, ratusan ribu warga akan mengemasi barang ke dalam tas, meski sengsara dan kelelahan, dan membawa barang mereka ke satu-satunya tempat yang dapat mereka tuju, yakni Turki," ujarnya. 

Seorang pejabat dari badan manajemen bencana Turki, AFAD, menuturkan bahwa pengalaman negaranya menampung pengungsi Suriah, yang kini berjumlah 3 juta orang di negara itu, sudah menunjukkan kesiapan Turki menampung pengungsi Mosul. 

"Bagi kami, membangun sebuah kamp tenda adalah tugas yang sangat mudah. ​​Kami dapat dengan cepat membangun kamp untuk menampung ratusan atau ribuan pengungsi," ujar pejabat yang identitasnya tidak dipublikasikan itu.

"Prosedurnya sudah terstandar, dan akan diterapkan setiap saat. Tentara akan menyita senjata [yang dibawa pengungsi], polisi akan menjalani pemeriksaan, otoritas imigrasi akan mendaftarkan mereka, dan Bulan Sabit Merah akan menyediakan air, makanan dan tempat tinggal," tuturnya.


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Luar Biasa, Turki Siap Tampung Pengungsi Dari Mousul"

Post a Comment