Turki Menolak Keluar Dari Irak - Suara Medan | Info Medan Terkini

Turki Menolak Keluar Dari Irak



Turki Menolak Keluar Dari Irak SUARAMEDAN.com - Pada hari Selasa, parlemen Irak menyetujui sebuah resolusi yang menyuarakan protes terhadap kehadiran militer Turki di Bashiqa, yang  terletak 19 mil timur laut dari Mosul. Anggota parlemen menuntut pemerintah untuk mengambil langkah-langkah hukum dan diplomatik yang diperlukan, termasuk bila perlu membekukan hubungan ekonomi antara kedua negara. Pihak Turki malah telah mengutuk resolusi dari parlemen Irak ini.
Turki menyesalkan sikap pemerintahan Irak yang mengizinkan tentara milisi Syiah ikut menyerang Mosul. Wakil Perdana Menteri Turki, Numan Kurtulmus, mengkritik operasi militer Irak itu, dengan menegaskan bahwa Irak seharusnya tidak membiarkan milisi Syiah turut bagian dalam operasi perebutan kota yang sebagian besar dihuni Muslim Sunni itu. 
Turki telah berulang kali memperingatkan operasi di Mosul bisa menimbulkan perselisihan sektarian. Ankara menegaskan bahwa pasukannya akan tetap berada di kamp militer di Irak utara, meski Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi meluncurkan protes terkait hal itu. 
Sekitar 30 ribu tentara Irak, bersama dengan milisi Kurdi Peshmerga dan pejuang dari kelompok Sunni diperkirakan turut ambil bagian dalam serangan ke Mosul. Kurtulmus menyatakan bahwa sekitar 3.000 pejuang Irak yang dilatih oleh tentara Turki di kamp militer Bashiqa turut terlibat dalam pertempuran itu


Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Turki Menolak Keluar Dari Irak "