Kunjungi RSUD Dr Pirngadi, Wali Kota Resmikan Ruangan Dr RK Satija - Suara Medan | Info Medan Terkini

Kunjungi RSUD Dr Pirngadi, Wali Kota Resmikan Ruangan Dr RK Satija

SUARAMEDAN.com -RSUD Dr Pirngadi Medan memiliki ruangan baru, namanya Ruangan Dr RK Satija. Ruangan itu akan dipergunakan  khusus untuk mendukung  pelayanan kepada masyarakat di bidang forensik. Rabu (8/8), ruangan tersebut diresmikan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. Kehadiran ruangan itu  diharapkan dapat menumbuhkan kembangkan ilmu forensik, termasuk membantu melaksanakan pemeriksaan kedokteran forensik bagi kepentingan peradilan jika diminta penyidik polisi.

Selain itu peresmian ruangan itu juga sebagai bentuk apresiasi dan tanda jasa kepada Dr RK Satija yang merupakan pendiri bagian Kedokteran Forensik di RSUD Dr  Pirngadi Medan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti  yang dilakukan Wali Kota bersama  Konsulat Jendral (Konjen) India  untuk Provinsi Sumatera Utara Dr Shakira Shah.

Dihadapan Direktur RSUD Dr Pirngadi  Dr Suryadi Panjaitan, Guru Besar Ahli Forensik  Prof Dr Amri Amir, Asisten Umum Setdako Medan Ikhwan Habibi Daulay, Kadis Kesehatan Kota Medan drg Usma Polita Nasution serta  jajaran RSUD Dr Pirngadi, Wali Kota dalam sambutannya menyambut baik diresmikannya Ruangan Dr RK Satija tersebut.

Dengan peresmian ruangan itu, Wali Kota berharap dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi para dokter Forensik di RSUD Dr Pirngadi.  Sebab, ungkapnya, Dr RK Satija merupakan sosok pahlawan sehingga perlu dikenang. Itu sebabnya salah satu ruangan di Instalasi Kedokteran Forensik dan Medikolegal  diberi nama Ruangan Dr RK Satika sekaligus pembuatan prasastinya.

"Kami berharap dengan peresmian nama Ruangan Dr RK Satija dapat memberikan gairah nuansa dan semangat baru. Di samping itu kehadiran ruangan baru ini nantinya  dapat difungsikan dengan strategis untuk pelayanan di bagian Kedokteran Forensik RSUD Dr Pirngadi Kota Medan", kata Wali Kota.

                Selanjutnya Wali Kota lebih jauh memaparkan,  sosok Dr RK Satija yang berasal dari India sangat layak menjadi panutan bagi semua, terutama  para dokter forensik atas keilmuwan dan jasa yang telah diberikan semasa hidupnya. Di samping itu dengan pemberian nama salah satu ruangan di Instalasi Forensik dengan nama Dr RK Satija semakin mempererat hubungan antara India dan Indonesia, termasuk Kota Medan yang selama ini sudah terjalin dengan baik akan semakin baik lagi ke depannya.

"Semoga semangat Dr RK Satija yang telah mendirikan bagian Kedokteran Forensik RSUD dr Pirngadi dan Fakultas Kedokteran (FK) USU dapat menjadi panutan. Dengan demikian para dokter forensik dapat meningkatkan inovasi maupun pelayanan kepada masyarakat di RSUD dr Pirngadi,” harapnya.

Apresiasi dan terima kasih juga disampaikan Konsul India untuk Provinsi Sumut Dr Shakira Shah karena telah menggunakan nama Dr RK Santika yang berasal dari India sebagai nama ruangan Kedokteran Forensik di RSUD dr Pirngadi Medan. Tentunya dengan peresmian ruangan ini semakin mempererat hubungan antara india  dan Indonesia, khususnya kota Medan dibidang Kesehatan.

Kedepannya bilang Shakira, India dan Kota Medan akan meningkatkan hubungannya lagi, terutama  di bidang Kesehatan. “Dalam waktu dekat ini akan datang dokter spesialis mata dari India ke Kota Medan untuk memberikan premi ke RSUD dr Pirngadi maupun sejumlah rumah sakit lainnya,” jelas Shakira.

Sementara itu menurut Dirut RSUD dr Pirngadi  Dr Suryadi Panjaitan, pemberian nama  Dr RK Satija sebagai nama ruangan Kedokteran Forensik  sebagai bentuk tanda jasa kepadanya. Dikatakannya,  Dr RK Satija merupakan Kepala Departemen Forensik pertama di RSUD dr Pirngadi Medan dan fakultas kedokteran USU.  “Semoga dengan peresmian ruangan ini dapat menumbuh kembangkan ilmu forensik,” ungkap Suryadi.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kunjungi RSUD Dr Pirngadi, Wali Kota Resmikan Ruangan Dr RK Satija"

Post a Comment