Kunjungi SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, Tifatul Sembiring Berikan Sosialisasi UU ITE - Suara Medan | Info Medan Terkini

Kunjungi SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, Tifatul Sembiring Berikan Sosialisasi UU ITE

SUARAMEDAN.com -"Mari kita manfaatkan sebaik mungkin kecanggihan informasi teknologi (IT) saat ini untuk kemajuan bangsa dan negara, bukan untuk hal-hal yang negatif ". Hal ini disampaikan anggota DPR RI Ir. Tifatul Sembiring kepada siswa-siswi dalam acara Sosialisasi Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik (ITE) di SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Deli Serdang, Selasa (7/08/2018).

Selanjutnya mantan menteri di era SBY ini menyampaikan bahwa banyak negara-negara yang begitu menghargai dan memanfaatkan kemajuan informasi dan teknologi menjadi negara yang disegani banyak negara lain dan indonesia merupakan negara yang memiliki potensi untuk bersaing dengan dunia luar karena tak sedikit para ilmuwan indonesia yang bekerja dan mengabdi untuk bangsa lain.

Ditambahkan lagi, beliau mengingatkan kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Lubuk Pakam untuk berhati-hati dalam beraktifitas di dunia maya. Banyak hal-hal yang harus diketahui agar tidak terjerumus kedalam hal yang melanggar norma agama dan hukum yang ada di negara ini salah satunya mengenai konten pornografi dimana telah diatur dalam UU ITE pasal 27 ayat (1) yang berbunyi sebagai berikut:

“Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.” Ancaman pidana terhadap pelanggar diatur dalam Pasal 45 ayat (1) UU ITE, yaitu ancaman pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak 1 (satu) milliar rupiah.

Para siswa yang hadir tampak bertambah antusias ketika tifatul sembiring mengadakan kuis berhadiah setelah beliau menyelesaikan materinya. 3 orang siswa putra dan 3 orang siswi putri yang telah berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan beliau masing-masing dari mereka diberikan hadiah menarik. Kesempatan bertanya juga diberikan kepada siswa yang merasa kurang jelas atas materi yang disampaikan.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, Ramli Siregar menyambut baik sosialisasi yang disampaikan oleh tifatul sembiring terutama bagi siswa mereka. Beliau mengaku selama ini pihaknya terbuka kepada siapapun untuk bekerjasama, apalagi hal yang mengenai peningkatan wawasan siswa. Wawasan kebangsaan dan pencerahaan tentang IT yang disampaikan tifatul sembiring dirasa sangat perlu untuk siswa menghadapi perkembangan dan tantangan zaman kedepan.

"Acara ini sangat bagus untuk diketahui anak-anak. karena kita tau bersama bahwa internet ini punya dampak negatif dan positifnya. Jadi dengan adanya teknologi itu kita arahkan ke dampak positifnya karena anak-anak kitalah calon pemimpin bangsa ini kedepan yang akan membawa arah negara kita ini kedepan seperti apa. Kami berharap mereka senantiasa optimis menghadapi itu, optimis untuk menhadapi masa depan yang lebih baik ". Jelas beliau.

Anggota DPRD Deli Serdang Muhammad Darwis Batubara yang turut hadir dilokasi mengapresiasi sosialisasi yang diadakan di sekolah tersebut. Ketua komisi D ini menyadari bahwa internet tidak bisa secara menyeluruh di proteksi, maka kitalah yang menggunakannya secara baik dan untuk hal-hal yang positif.

"Saya mengapresiasi acara ini, karena kita ketahui peran internet ini tidak bisa diproteksi menyeluruh. Tinggal bagaimana kita saja yang memanfaatkannya ke arah-arah yang positif "Ujar beliau.

Di akhir kegiatan sebelum meninggalkan lokasi acara, Tifatul sembiring memberikan plakat kepada kepala sekolah SMA Negeri 1 Lubuk Pakam dan berfoto bersama guru dan murid yang hadir dilokasi acara.
Foto Bersama Kepala Sekolah SMA N 1 Lubuk Pakam (kiri) dan Kepala Dinas Pendidikan (Kanan)
Foto siswa yang memberikan pertanyaan kepada pembicara

Foto bersama perwakilan siswa yang menerima sertifikat

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kunjungi SMA Negeri 1 Lubuk Pakam, Tifatul Sembiring Berikan Sosialisasi UU ITE"

Post a Comment