Sajikan Berbagai Pertunjukan, Ribuan Warga Hadiri Medan Mangrove Forest Festival - Suara Medan | Info Medan Terkini

Sajikan Berbagai Pertunjukan, Ribuan Warga Hadiri Medan Mangrove Forest Festival

SUARAMEDAN.com -Pemko Medan menggelar Medan Mangrove Forest Festival di Mako Lantamal 1 Belawan, Minggu (19/08). Ribuan warga Medan Bagian Utara menghadiri event  Mangrove Forest Festival  sekaligus Colourful  Medan yang digelar dalam rangka untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun tahun 2018. Di samping itu juga dalam upaya mewujudkan Medan bagian Utara menjadi Ekowisata Mangrove dan wisata bahari.

Medan Mangrove Forest Festival  dan Colourful Medan diisi dengan perlombaan dayung sampan tradisional yang dilepas Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi.  Kemudian diikuti penampilan Tarian Etnis Kolosal yang dibawakan 219 orang penari diiringi dengan 73 buah jenis gendang  pakpung serta pembacaan puisi  tentang  laut yang dibawakan seniman muda Teja Purnama Lubis.

Atraksi Tarian Etnis Kolosal mendapat apresiasi dan aplaus penuh dari warga yang hadir, sebab tarian itu menunjukkan kebudayaan asli  Indonesia.  Pertunjukan semakin meriah lagi dengan hadirnya grup band  yang tampil di atas truk dengan mendesau kepala truk menjadi bangunan Balai Kota.  Grup band ini tampil dengan enerjik dan penuh semangat menghibur pengunjung dengan lagu-lagu perjuangan.

Wali Kota  didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani SH mengatakan, Medan Mangrove Forest Festival yang dirangkaikan dengan Colourful Medan ini sebagai sarana untuk mempromosikan Kota Medan, khususnya kawasan Medan Utara dengan Ekowisata Mangrove dan Wisata Baharinya.

"Dengan adanya Ekowisata Mangrove  dan Wisata Bahari ini, paling tidak masyarakat sekitar bisa memperoleh beberapa manfaat seperti ekonomi dan ekologi berupa perbaikan lingkungan. Serta manfaat biologi kian banyaknya habitat hewan dan tumbuhan di kawasan tersebut", kata Wali Kota.

Itu sebabnya melalui event tersebut,  Wali Kota berharap agar masyarakat akan semakin menyadari pentingnya keberadaan hutan mangrove di dalam kehidupan. Dikatakannya, selama ini masyarakat masih kurang peduli akan pentingnya keberadaan hutan mangrove. “Jadi melalui event ini, marilah kita kembali peduli dengan kelestarian hutan mangrove. Semoga event Medan Mangrove Forest Festival ini menjadi titik balik untuk mencintai hutan mangrove di sekitar  kita ", harapnya.

Sebelumnya, perwakilan Danlantamal  1 Belawan  Kolonel  Laut (P)  Wahyu Indrawan menyampaikan  apresiasi tinggi kepada Pemko Medan yang telah menggelar Medan Mangrove Forest Festival.  “Tentunya kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan terutama hutan mangrove yang berada di Belawan,” ujar Wahyu.

Wali Kota dan Ketua TP PKK selanjutnya menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba dayung sampan tradisional.  Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan bantuan tenda kepada Ketua Jalasenastri Lantamal I Belawan.  Kemudian seluruh pengunjung dihibur dengan atraksi Tarian Etnis Kolosal dan penampilan grup band dari atas truk.

Acara semakin meriah lagi karena Wali Kota bersama Ketua TP PKK beserta Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Wakil Ketua TP PKK Kota Medan  Hj Nurul Khairani Akhyar, Sekda Kota Medan  Ir H  Syaiful Bahri Lubis MSi serta mewakili Dantanmal 1 Belawan Kolonel Laut (P)  Wahyu Indrawan, unsur Forkominda Kota Medan  Dandim 0201/BS   Letkol Inf Yuda Rismansyah, Kapolresta Belawan  AKBP Ikhwan Lubis SH dan Danyon Marhanlan I Belawan  Letkol Marinir James Munthe ikut menari bersama dengan masyarakat.  Sebelum meninggalkan lokasi, Wali Kota bersama Ketua TP PKK  meninjau kapal perang milik Danlanmal 1 Belawan.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Sajikan Berbagai Pertunjukan, Ribuan Warga Hadiri Medan Mangrove Forest Festival"

Post a Comment