Kukuhkan 44 Paskibraka Kota Medan 2018, Ini Arahan Wali Kota - Suara Medan | Info Medan Terkini

Kukuhkan 44 Paskibraka Kota Medan 2018, Ini Arahan Wali Kota

SUARAMEDAN.com -Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  mengukuhkan 45  orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Medan tahun 2018 di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan,  Rabu (15/8).  Mereka nantinya yang akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera Merah Putih pada upacara  peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng Medan, Jumat (17/8).

                Sebelum dikukuhkan , seluruh anggota Paskibraka lebih dulu mengucapkan ikrar dihadapan Wali Kota, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan diantaranya Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah, Kapolres Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH,  Danyon Marhanlan I Belawan Letkol Mar James Munthe, Kadispora Kota Medan Mara Husin Lubis SH serta para orang tua  anggota Paskibraka yang dikukuhkan.

                Dalam arahannya, Wali kota menyampaikan rasa bangganya  terhadap 45 Paskibraka yang  merupakan hasil seleksi dari perwakilan seluruh SMA di Kota Medan. Dia  menilai,  anggota Paskibraka ini merupakan generasi muda Kota Medan  yang cerdas, berkarakter serta tangguh  sehingga dapat diandalkan untuk dikukuhkan menjadi anggota Paskibraka Kota Medan.

                Menjadi anggota Paskibraka, ungkap Wali Kota, tidaklah mudah dan harus melewati berbagai seleksi dan pengujian. Sebab, tugas yang akan diemban nantinya juga tidak mudah. Apalagi jika mengaca dengan sejarah dulu, mengibarkan bendera Merah Putih hingga puncak tiang harus mengorbankan puluhan ribu nyawa manusia.

                “Selain usaha yang gigih, juga perlua perjuangan senjata yang tidak henti serta ditambah strategi kuat untuk mempertahankannya. Oleh karenanya dengan terus mengingat sejarah tersebut, saya berharap ananda semua mampu memaknai  posisi ananda sebagai Paskibraka. Jadi tumbuhkan rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negara serta menyebarkannya kepada seluruh lingkungan sekitar ananda berada,” kata Wali kota.

                Untuk itulah usai dilakukan pengukuhan, Wali kota berpesan  agar sleuruh anggota Paskibraka dapat menjadi duta pembangunan di lingkungan sosial masisng-masing, sekaligus menjadi pelopor pembangunan di tingkat linglkungan, kelurahan dan kecamatan, baik itu menyangkut masalah kebersihan, tertib lalu lintas, solidaritas sosial, budaya maupun perubahan lainnya.

                “Di smaping itu juga aggota Paskibraka yang baru dikukuhka nini dapat menjadi agen pembaharuan sosial untuk mendorong percepatan dan perluasan pemabngunan kota dengan berbasis partisipasi,” harapnya.

                Sebelum mengakhiri arahannya, Wali kota mengucapkan selamat bertugas serta senantiasa menjaga kesehatan dan stamina agar  dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Yang lebih penting lagi jangan lupa terus berdoa demi kesuksesan tugas yang diemban. Jadilah kebanggaan orang tua, keluarga, agama, seluruh  masyarakat Kota Medan, bangsa dan negara Indonesia,” pesannya.

                Sedangkan kepada para pelatih, Wali kota tak lupa menyampaikan ucapan terima kasihnya karena telah mendidik para siswa untuk berdisiplin serta menumbuhkan kreatifitas serta keberanian. “Semoga nilai-nilai yang ditanamkan selama pelatihan akan selalu melekat hingga mereka dewasa kelak,” pungkasnya.

                Sementara itu Kadispora Kota Medan Mara Husin Lubis SH menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melakukan seleksi terhadap 800 siswa dari seluruh SMA/MA di Kota Medan. Setelah dilakukan beberapa kali seleksi hasil kerjasama dengan pihak Dandim 0201/BS dan Yonkav 6/Serbu,

akhirnya terpilih 45 orang yang dipercayakan menjadi Paskibraka Kota Medan tahun 2018. 

                “Dari 45 siswa yang terpilih tersebut, 44 orang dikukuhkan menjadi Paskibraka Kota Medan tahun 2018 yang akan bertugas menaikkan dan menurunkan bendera Merah putih pada upacara  peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Benteng Medan. Sedangkan seorang siswa lagi menjadi satu anggota Paskibraka Nasional yang akan bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih di Istana Negara,” jelas Mara Husin.

                Dijelaskan Mara Husin, siswa yang menjadi anggota Paskibraka Nasional itu bernama Lukas Alexandri Siburian dari SMA Negeri I Medan. “Mari kita doakan ananda Lukas dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Sebab, keberhasilannya menajdi anggota Paskibraka Nasional sangat membanggakan Kota Medan,” paparnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Kukuhkan 44 Paskibraka Kota Medan 2018, Ini Arahan Wali Kota "

Post a Comment