Jelang Peringatan Hari Kemerdekaan, Wakil Wali Kota Hadiri & Ikut Lepas Pawai Obor - Suara Medan | Info Medan Terkini

Jelang Peringatan Hari Kemerdekaan, Wakil Wali Kota Hadiri & Ikut Lepas Pawai Obor

SUARAMEDAN.com -Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution  MSi   menghadiri acara pelepasan Pawai Obor  di depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Kamis (16/8) malam. Pelepasan pawai obor yang dilakukan bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut dan Kota Medan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018.

Pelepasan pawai obor ini dilakukan rutin setiap tahun jelang peringatan Hari Kemerdekaan. Biasanya pelepasan pawai obor dilakukan  setiap  malam hari tanggal 16 Agustus  sekitar pukul 19.30 WIB.  Setelah pelepasan pawai obor , acara akan diakhiri dengan upacara militer yang dilakukan tengah malam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan Jalan Sisingamangaraja Medan.

Kapoldasu Irjen Pol  Drs Paulus Waterpaw yang melepas pawai obor yang diikuti ribuan peserta terdiri dari para pelajar, anggota TNI dan Polri,  Apratur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah instansi di lingkungan Pemko Medan dan Provinsi Sumut, pramuka serta  organisasi kepemudaan. Seluruh peserta tampak antusias dan penuh semangat mengikuti pawai obor tersebut.

Sebelum pelepasan dilakukan, Kapoldasu yang bertindak sebagai inspektur upacara lebih dulu menyalakan obor  secara simbolis kepada salah seorang peserta pawai. Setelah itu  peserta pawai menghidupkan obirnya masing-masing dan mereka selanjutnya dilepas Kapoldasu didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Widodo, Pj Gubsu Eko Subowo, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman serta unsur Forkopimda Sumut lainnya dan  Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi.

Para peserta pawai selanjuntya  berjalan beriringan mengikuti rute yang telah ditetapkan dengan langkah tegap dan penuh semangat. Sebab, pawai obor ini merupakan simbol semangat pejuang yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut sekaligus mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Rute pawai obor akan berakhir di depan TMP Bukit Barisan. Setelah itu para peserta pawai obor akan mengikuti apel kehormatan sekaligus renungan suci sekitar pukul 00.00 WIB tengah malam.

Selesai pelepasan pawai obor, Wakil Wali Kota sangat mendukung penuh digelarnya pawai obor  dan digelar rutin sehari jelang Hari Kemerdekaan. Dia menolai, pawai obor merupakan simbol semangat perjuangan yang terus menyala dalam melawan segala bentuk penjajahan di atas dunia. “Semangat ini harus terus menyala dalam jiwa kita masing-masing untuk menentang segala bentuk penjajahan,” kata Wakil Wali Kota.

Kemudian Wakil Wali Kota mengajak masyarakat untuk selalu mengingat jasa para pahlawan pejuang bangsa karena telah mengorbankan jiwa dan raganya sehingga seluruh bangsa Indonesia dapat mengihirup udara kemerdekaan seperti saat ini.  “Untuk itu mari kita isi hasil kemerdekaan ini dnegan pembangunan sesuai dengan bidangnya masing-masing, sehingga memberikan kontribusi nyata bagi  kemajuan Kota Medan serta kesejahteraan seluruh masyarakatnya,”  pesannya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Jelang Peringatan Hari Kemerdekaan, Wakil Wali Kota Hadiri & Ikut Lepas Pawai Obor"

Post a Comment