Jangan Lewatkan, Supermoon Terjadi Malan ini. - Suara Medan | Info Medan Terkini

Jangan Lewatkan, Supermoon Terjadi Malan ini.


Jangan Lewatkan, Supermoon Terjadi Malan ini. SUARAMEDAN.com - Supermoon terbesar kedua sejak Indonesia merdeka akan terjadi Senin (14/11/2016). Penampakan Bulan akan tampak 14 persen lebih besar dari ukkuran biasanya.

Untuk melihat Supermoon diperlukan trik agar ukuran bulan yang lebih besar bisa dinikmati lebih jelas, tidak cukup hanya dengan menengadahkan kepala ke atas.  

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cuaca. Fenomena langit apapun tak bisa dinikmati bila cuaca tak mendukung. Untuk mengetahui ramalan cuaca di tempat Anda, kunjungi www.bmkg.go.id.

Pengamat supermoon juga perlu mencari tempat yang lebih gelap.
Saat supermoon, bulan akan 30 persen lebih terang. Cahaya lebih terang kurang terasa bila tempat pengamatan penuh kerlap kerlip lampu kota. Wilayah pedesaan atau pantai bisa jadi pilihan tepat untuk pengamatan.

Dikutip dari The Independent, Minggu (13/11/2016), pengamat juga perlu mempertimbangkan posisi bulan terhadap horison atau cakrawala, garis semu antara permukaan bumi dan langit.

Pengamatan lebih baik dilakukan saat supermoon dengan horison alias saat mendekati terbit akan tenggelam. Kedekatan dengan horizon akan membuat bulan tampak lebih besar.

Untuk itu, penting juga mencari tempat yang lapang. Jangan melakukan pengamatan di tempat yang dikelilingi gedung bertingkat.

Saat supermoon malam ini, bulan akan berada pada jarak 356.500 kilometer, sekitar 28.000 lebih dekat dari jarak bulan rata-rata, 384.400 kilometer.

Bila berkesempatan mengamatinya, coba abadikan. Lantas, bandingkan dengan foto bulan purnama biasa jika Anda memilikinya. Bisakah menyadari perbedaanya?

Supermoon - atau dalam astronomi dikenal dengan bulan perigee - terjadi kala bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. Jarak rata-rata bumi dan bulan sendiri sekitar 384.400 kilometer.

Orbit bulan mengelilingi bumi berbentuk elips sehingga jarak bumi dan bulan bervariasi. Kadang, bulan berada pada titik terjauh (apogee) dan kadang berada pada titik terdekat (perigee).

Ratusan supermoon telah terjadi sejak kemerdekaan Indonesia. Namun supermoon yang akan terjadi besok termasuk paling istimewa karena merupakan salah satu yang terbesar.
"Supermoon besok terbesar kedua sejak Indonesia merdeka," kata Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa, Thomas Djamaluddin.

Thomas menguraikan, sejak Indonesia merdeka hingga saat ini, ada dua supermoon yang istimewa dilihat dari sisi ukurannya.

Supermoon tahun 1948 merupakan yang paling istimewa karena merupakan yang terbesar hingga saat ini. Saat itu, jarak bumi dan bulan mencapai 356.461 kilometer.

Sementara besok, jarak bumi dan bulan adalah 356.500 kilometer. Perbedaan ukuran antara supermoon besok dengan tahun 1948 sangat sedikit mengingat jarak bulan pada kedua waktu itu hanya selisih 39 kilometer.

HALAMAN SELANJUTNYA


Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Jangan Lewatkan, Supermoon Terjadi Malan ini. "

Post a Comment