Hadiri Buka Puasa HIMPI, Gubsu Bilang Akan Gandeng Bank Sumut Dorong Lahirnya Wirausaha Baru - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hadiri Buka Puasa HIMPI, Gubsu Bilang Akan Gandeng Bank Sumut Dorong Lahirnya Wirausaha Baru

Hadiri Buka Puasa HIMPI, Gubsu Bilang Akan Gandeng Bank Sumut Dorong Lahirnya Wirausaha Baru
SUARAMEDAN.com - Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi mengatakan pihaknya akan menggandeng PT Bank Sumut untuk mendukung Program Pemerintah Sumatera dalan upaya penciptaan Wirausahawan baru di Sumut.  Melalui Bank Pembangunan Daerah itu nantinya akan diluncurkan program kredit pinjaman bagi usaha kecil dengan bunga terjangkau berkisar 5-7% .
 
Hal itu disampaikan Gubernur saat menghadiri Buka Puasa dan Penyantunan Anak Yatim, Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Utara di Hotel Miyana, Deliserdang (19/6). Dikatakannya, dalam upaya mewujudkan program penciptaan wirausaha baru di Sumut pihaknya akan melibatkan PT Bank Sumut untuk  meluncurkan program pinjaman dengan suku bunga terjangkau. “Upaya itu kita lakukan untuk mendukung UKM, ini juga terobosan untuk meningkatkan jumlah pengusaha baru di Sumut,” kata Gubernur.
 
Dihadapan para pengusaha muda di Sumut tersebut, Gubsu mengatakan bahwa jumlah pengusaha merupakan indikator  bagi kemajuan suatu wilayah. “Kalau suatu daerah mau maju, harus banyak pengusaha,” katanya.  Di Singapura , lanjutnya, jumlah pengusaha mencapai 7 % dari jumlah penduduk. Sementara di Indonesia, jumlah pengusaha yang terdaftar berdasarkan NPWP hanya berkisar 1% dari jumlah penduduk.
 
Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumatera berupaya mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha baru melalui berbagai program. Diantaranya melibatkan bank daerah untuk mendukung program dimaksud.
 
Sementara itu, Sekjen BPP HIPMI Sumut Priya Manaya Djan mengatakan HIPMI secara konsisten   ikut berupaya meningkatkan jumlah pengusaha melalui penetrasi ke kalangan mahasiswa. Baru-baru ini HIPMI menggelar acara Jambore HIPMI yang melibatkan 4.000 mahasiswa pengusaha dari 500 perguruan tinggi di penjuru tanah air. Acara yang dibuka Presiden Jokowi tersebut menurutnya mendapat antusiasme sangat tinggi.
 
“Kami berhasil mengumpulkan lebih seribu business plan. Nanti akan diupayakan kerjasama dengan perbankan untuk mendukung permodalannya,” kata Priya.
 
Sementara itu, Ketua Umum BPD HIPMI Sumut Akbar Himawan Buchori  mengatakan HIPMI Sumut akan mendukung program pemerintah meningkatkan jumlah pengusaha baru melalui pendekatan mahasiswa. Selain kemudahan permodalan, Akbar berharap dukungan lain dari Pemerintah Kabupaten/kota berupa kemudahan perizinan khususnya bagi sektor UKM.
 
Dia merespon baik rencana Pemprovsu untuk menggandeng Bank Sumut untuk meluncurkan kredit dengan bunga sedikit. “Kalau ini berjalan, tentu sangat membantu pengusaha pemula maupun UKM karena lebih rendah dari bunga bank umumnya,” kata Akbar. Dia mengharapkan nantinya program inibermanfaat dan dapat disalurkan bagi UKM yang membutuhkan.
 
Hadir dalam kesempatan itu para senior HIPMI, diantaranya Ketum HIPMI tahun 1985-1988 DR Fauzi Usman, Ketum HIPMI 1982-1983 H Muklis Al Manaf, Ketua PW NU Afifuddin Lubis, para Ketua HIMPI kabupaten/kota dan Prof DR H Nawir yuslim, MA yang membawakan tausiyah.  Gubsu berkesempatan menyerahkan santunan dan tali asih HIPMI Sumut kepada anak yatim yang membutuhkan.[sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hadiri Buka Puasa HIMPI, Gubsu Bilang Akan Gandeng Bank Sumut Dorong Lahirnya Wirausaha Baru"

Post a Comment