Pencabutan Subsidi Listrik, Bentuk Pengkhianatan Jokowi Kepada Rakyat - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pencabutan Subsidi Listrik, Bentuk Pengkhianatan Jokowi Kepada Rakyat

Hasil gambar untuk ketua kammi tolak tdlSUARAMEDAN.com.- Jakarta.- Terkait dengan kenaikan kembali tarif dasar listrik (TDL) golongan 900 VA sebesar  Rp 329,00 per kWH, Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI), Kartika Nur Rakhman, mendesak Presiden Joko Widodo untuk membatalkan kenaikan tahap III yang mulai berlaku sejak 1 Mei 2017. KAMMI Desak Presiden Batalkan Kenaikan TDL

"Presiden harus membatalkan kenaikan TDL tahap III karena sangat membebani rakyat di tengah kondisi ekonomi yg tidak menentu," kata Nur Rakhman.

Mempertegas Nur Rakhman, Ketua Bidang Kebijakan Publik PP KAMMI, Riko P. Tanjung, menyatakan kenaikan TDL menimbulkan banyak efek negatif.

"Setidaknya ada tiga efek negatif dari kenaikan tarif dasar listrik yang dilakukan pemerintah lewat Permen ESDM 28/2016. Pertama, menurunkan daya beli masyarakat yang akan berdampak kepada pelambatan ekonomi,” terang Riko.Riko P. Tanjung
Kenaikan TDL, menurut Riko, bisa menurunkan daya beli masyarakat terutama  kelas menengah ke bawah dimana pengeluaran mereka bertambah sedangkan pendapatan tetap. Padahal, imbuhnya, kosumsi domestik pemyumbang terbesar dari perekonomian Indonesia, yakni sekitar 55 persen.

“Selain itu, sebanyak  19 juta pelanggan pengguna golongan 900 VA harus membayar Rp 1.352,00 per kWH untuk penggunaan listrik mereka dan ini akan memicu kenaikan inflasi. Berdasarkan laporan BPS, kenaikan harga bahan bakar minyak dan tarif listrik berkontribusi pada lonjakan inflasi sebesar 0,97 persen,” jelas Riko.

Kenaikan TDL ini, lanjut Riko, juga berpotensi mematikan usaha  mikro, kecil, dan menengah. Selama ini mereka juga menggunakan  listrik 900 VA, tambahnya.
Oleh karena itu, Riko mendesak Presiden Jokowi agar lebih arif  dalam pengambilan kebijakan pencabutan  subsidi untuk rakyat.

"Dalam setiap pengambil kebijakan pemerintahan, presiden harus berpihak kepada rakyat miskin dan hampir miskin," pungkas Riko

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pencabutan Subsidi Listrik, Bentuk Pengkhianatan Jokowi Kepada Rakyat"

Post a Comment