Hari Ini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Dilakukan Serentak - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hari Ini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Dilakukan Serentak


Hari Ini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Dilakukan SerentakSUARAMEDAN.com - Selasa (16/5). Hari ini Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Jalur ini merupakan kesempatan kedua, setelah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), bagi mereka yang ingin kuliah di kampus favorit.


Setidaknya ada hampir 800 ribu peserta yang mendaftar dalam SBMPTN tahun ini, termasuk peserta reguler serta Bidikmisi. Meningkat sedikit dibanding jumlah peserta pada tahun 2016 lalu.
"Ada 797.738 jumlah peserta," kata Sekretaris Pusat SNMPTN dan SBMPTN Waskito Widi, Senin (15/5).

Universitas Indonesia (UI) menjadi salah satu kampus favorit para pendaftar SBMPTN tahun ini. Kampus yang terkenal dengan jaket kuningnya ini menyediakan hampir 3.400 kursi atau 70 persen dari total penerimaan mahasiswa baru. Sementara yang mendaftar tercatat lebih dari 92 ribu.

Program studi Pendidikan Dokter, Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Sistem Informasi UI menjadi jurusan yang paling diminati peserta Saintek. Sedangkan Ilmu Hukum, Akuntansi dan Manajemen UI menjadi jurusan yang paling diminati peserta Soshum.

"Di UI sendiri, jumlah pendaftar SBMPTN 2017 adalah sebanyak 92.776, di mana kursi yang tersedia di UI melalui SBMPTN 2017 sebanyak 3.382 kursi," kata Kepala Humas UI, Rifelly Dewi dalam keterangannya, Senin (15/5).

SBMPTN 2017 hari pertama akan mengujiankan Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), dilanjutkan dengan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA) dan Tes Kemampuan Dasar Soshum (TKD Soshum).

Bagi peserta SBMPTN yang memilih program studi ilmu seni dan keolahragaan, ujian Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 17 dan/atau 18 Mei 2017.

Dalam website resmi SBMPTN 2017 dijelaskan ada dua jenis ujian tertulis, yakni ujian tertulis (Paper Based Test) dan ujian berbasis komputer (Computer Based Test). Sebelum mengerjakan tes ujian tertulis ada beberapa persiapan dan aturan yang harus diperhatikan.

Para peserta diharapkan untuk sudah mempersiapkan diri sebelum menjalani ujian SBMPTN ini. Mulai dari persiapan teknis seperti aturan-aturan yang harus diikuti selama ujian SBMPTN. Hingga persiapan lainnya seperti berdoa dan meminta doa dari orangtua.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hari Ini Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Dilakukan Serentak"

Post a Comment