Terjunkan Personel PGSU, Kecamatan Medan Belawan Normalisasi Drainase - Suara Medan | Info Medan Terkini

Terjunkan Personel PGSU, Kecamatan Medan Belawan Normalisasi Drainase

SUARAMEDAN.com -Antisipasi  banjir sesuai instruksi Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  juga dilaksanakan jajaran Kecamatan Medan Belawan. Selasa (13/3), Camat Medan Belawan Ahmad mengerahkan belasan personel  Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PGSU)  melakukan pembersihan drainase di Lingkungan 43, Kelurahan Belawan II.

                Kondisi drainase di kawasan yang padat penduduk itu sangat memprihatinkan. Selain kecil dan kurang lebar, permukaan drainase pun dipenuhi sampah sehingga mengalami penyumbatan yang cukup parah. Akibatnya bisa ditebak,  rumah warga sekitar pun  menjadi langganan banjir setiap kali hujan deran turun.

                “Drainase yang ada di sini sudah lama tidak dibersihkan. Lihat sajalah isi drainase semuanya sampah. Wajar jika kawasan ini menjadi langganan banjir, sebab drainasenya tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, pagi ini kita turunkan personil P3SU Kecamatan Medan Belawan untuk melakukan pembersihan,” kata Ahmad.

                Dengan menggunakan cangkul dan penggaruk, personil P3SU melakukan pembersihan drainase dengan melakukan pengorekan. Selain membersihkan sampah, para personil yang dibentuk Wali Kota sebagai ujung tombak untuk menangani sarana dan prasarana di seluruh kecamatan serta kelurahan itu pun mengorek dasar drainase yang telah mengalami sendimentasi tersebut.

                Para personil  P3SU  pun langsung masuk dalam parit, mereka selanjutnya  melakukan pembersihan dan pengorekan secara manual. Sebab,  letak drainase sangat sulit dijangkau  alat berat sehingga Ahmad  tidak  minta bantuan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan untuk membantu menormalisasi drainase tersebut.

                Walaupun dilakukan secara manual hasilnya pun memuaskan. Drainase yang sebelumnya tersumbat dan dipenuhi sampah kini telah mengalir dengan baik dan tampak bersih. “Semoga dengan pengorekan yang kita lakukan hari ini, insya Allah warga bisa terhindar dari banjir yang menerpa selama ini,” harapnya.

                Selanjutnya Ahmad pun mengajak warga sekitar untuk selalu menjaga kebersihan draianse yang telah selesai dinormalisasi tersebut. “Jangan pernah sekali pun membuang sampah ke dalam drainase. Di samping itu tak ada salahnya warga  rutin melakukan pengorekan drainase yang ada di depan rumahnya masing-masin, minimal sebulan sekali. Apabila ada kendala dalam pengorekan, kita langsung turun memberikan bantuan,” ungkapnya.

                Selain di Lingkungan 43, Ahmad mengatakan, pihaknya telah menginventarisir titik-titik drainase yang perlu dinormalisasi karena  tidak berfungsi akibat penyumbatan dna sendimentasi yang cukup parah. Dikatakannya, semua drainase yang telah diinventarisir akan segera dinormalisasi secepatnya.

                “Berhubung petugas kita terbatas, normalisasi drainase harus dilakukan secara bertahap. Yang menjadi prioritas utama tentunya drainase yang kondisinya cukup parah sehingga menyebabkan kawasan tersebut menjadi langganan banjir.  Untuk mendukung kelancaran normalisasi, kita selalu bersinergi dengan Dinas PU, terutama dalam rangka menormalisasi drainase  yang sangat parah dan tidak mungkin dilakukan secara manual,” ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Terjunkan Personel PGSU, Kecamatan Medan Belawan Normalisasi Drainase"

Post a Comment