Pembukaan MTQ Ke-51 : Ribuan Kafilah Dari 21 Kecamatan Ikuti Pawai Ta’aruf - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pembukaan MTQ Ke-51 : Ribuan Kafilah Dari 21 Kecamatan Ikuti Pawai Ta’aruf

SUARAMEDAN.com -Lebih dari 20.000 kafilah yang berasal dari 21 kecamatan di Kota Medan mengikuti pawai ta’aruf di Jalan Gatot Subroto Medan, Sabtu (3/3).  Pawai ini digelar dalam rangka menyambut pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-51 Tingkat Kota Medan yang dilaksanakan di Lahan Eks Taman Ria.

Mesk i cuaca cukup terik namun seluruh kafilah tampak semangat mengikuti  prosesi  pawai. Dengan mengenakan  busana Muslim berbahan Batik Medan beraneka motif mengusung sejumlah motif seperti Masjid Raya, Istana Maimun, Becak Medan, Daun Tembakau serta  Tepak Sirih, mereka  pun dengan penuh semangat berjalan mulai  persimpangan Majestyk  hingga persimpangan Jalan Iskandar Muda.

Pawai  ta’aruf dimulai dengan defile bendera dan pakaian adat yang berasal dari sl;euruh etnis di Kota Medan  serta  drum band dengan melantunkan lagu Mars MTQ, mengiringi  langkah ratusan kafilah dari Kecamatan Medan Area selaku juara  umum tahun lalu. Dalam iringan tersebut, mereka pun membawa Piala Bergilir Wali Kota Medan yang berhasil direbut di Kecamatan Medan Amplas.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Hj Maharani Dzulmi Eldin S H bersama Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi didampingi istri Ny Hj Nurul Khairani beserta Wakil Ketua DPRD Medan H Iswanda Nanda Ramli dan unsur Forkopimda Kota Medan  langsung menyambut  iringan pawai ketika melintasi panggung kehormatan.

Seteah itu disusul kafilah dari Kecamatan Medan Barat, Medan Johor, Medan Labuhan, Medan Maimun serta kecamatan lainnya.  Kecamatan Medan Petisah selaku tuan rumah menutup pawai ta’aruf dengan kekuatan sekitar 2.000 peserta. Begitu melintasi panggung kehormatan, Camat Medan Petisah Parlindungan Nasution kemudian  menyerahkan balon kepada Wali Kota didampingi istri.

Wali Kota selanjutnya melepas balon ke udara sebagai tanda dimulainya rangkaian pembukaan MTQ ke-51 Tingkat Kota Medan. Setelah itu Wali Kota bersama istri meresmikan pembukaan stand  yang ditandai dengan pengguntingan pita. Untuk tahun ini, stand yang digelar untuk menyemarakkan MTQ sebanyak 36 stand dengan perincian 21 stand dari kecamatan, sedangkan 15 stand lagi berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Setelah itu Wali Kota dan Wakil Wali Kota bersama istri meninjau satu persatu stand yang ada. Selain sejumlah tarian, masing-masing stand juga menampilkan pameran terkait layanan unggulan masing-masing OPD untuk dilihat Wali Kota.  Melalui pameran, out put  yang diinginkan agar masyarakat mengenal  lebih jauh dengan masing-masing OPD di lingkungan Pemko Medan, termasuk tupoksi masing-masing OPD.

Selain itu MTQ juga dimeriahkan dengan puluhan stand dari pelaku UMKM baik kuliner maupun non kuliner.  Wali Kota berharap agar para pelaku UMKM dapat memanfaatkan event MTQ yang berlangsung sejak 3-10 Maret 2017  dengan sebaik-baiknya, guna mengenalkan sekaligus menjajakan hasil produk unggulannya.

Wali Kota mengaku, pelaksanaan pawai ta’aruf dan stand yang ditampilkan untuk memeriahkan pembukaan MTQ ke-51 Tingkat Kota Medan sudah cukup baik.  Hal ini tidak terlepas karena event ini digelar rutin setiap tahunnya, sehingga masing-masing OPD maupun kecamatan telah berpengalaman sehingga terus berinovasi untuk menampilkan yang terbaik, terutama bagi masyarakat Kota Medan.

“Alhamdulillah, pelaksanaan pawai ta’aruf  sudah sangat baik, begitu juga dengan pameran yang ditampilkan. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan masing-masing OPD dan kecamatan guna memeriahkan pembukaan MTQ. Saya berharap ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi sehingga antusiasme masyarakat menyaksikannya semakin tinggi,” kata Wali Kota.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Wali Kota pun berharap MTQ kali ini dapat melahirkan kembali qori-qoriah terbaik. Apalagi tahun ini,  Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ ke-27 Tingkat Nasional . “Semoga qori-qoriah kita yang keluar sebagai juara di MTQ ke-51 Tingkat Kota Medan ini dapat kembali menjadi juara di MTQ Tingkat Nasional tersebut,” harapnya.

Selanjutnya, Wali Kota mengajak seluruh umat Muslim Kota Medan untuk mendukung dan mensukses pelaksanaan festival pemuliaan ayat-ayat suci Al Qur’anyang berlangsung selama sepekan tersebut . Dukungan itu dapat diwujudkan dengan menghadiri setiap perlombaan yang ditampilkan setiap harinya. “Insya Allah MTQ ini menjadi momentum bagi kita untuk semakin mencintai Al Qur’an,” harapnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pembukaan MTQ Ke-51 : Ribuan Kafilah Dari 21 Kecamatan Ikuti Pawai Ta’aruf"

Post a Comment