Antisipasi Penyumbatan, Dinas PU Normalisasi Drainase Di Marelan & Labuhan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Antisipasi Penyumbatan, Dinas PU Normalisasi Drainase Di Marelan & Labuhan

SUARAMEDAN.com - Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menginstruksikan kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan  untuk menormalisasi drainase maupun parit yang ada di Kota Medan. Normalisasi ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penyumbatan maupun sendimentasi sehingga memicu terjadinya banjir. Apalagi dalam berapa hari ini intensitas hujan mulai meningkat.

                Instruksi  itu pun langsung ditindak lanjuti, sejumlah drainase langsung dinormalisasi. Setelah drainase Jalan Benteng I, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli, Dinas PU kembali menormalisasi drainase di Jalan Siku Lingkungan IX, Kelurahan Tanah Enam Ratus Kecamatan Medan Marelan, kemarin.

                Selain sudah lama tidak tersentuh perbaikan, drainase yang ada juga kurang layak sehingga tidak berfungsi. Tak pelak kondisi itu berdampak negatif pada warga sekitar, ketika hujan turun, drainase tidak mampu menampung debit air hujan. Akibatnya  air dari drainase melimpah dan menggenangi rumah warga.

                Puluhan pekerja pun diturunkan untuk menormalisasi drainase dipimpin Plt Kabid Drainase Dinas PU Edi Zamlan. Dengan menggunakan cangkul dan penggaruk, para pekerja langsung memperbaiki dainase dan membersihkan permukaannya dari semak belukar yang selama ini menyebabkan penyumbatan.

                “Drainase ini sudah lama tidak dinormalisasi. Selain banyak sampah, permukaannya pun dipenuhi semak belukar sehingga kawasan ini rentan dengan banjir. Oleh karena itulah kita hari ini turun untuk menormalisasinya. Semoga dengan normalisasi yang dilakukan ini, kita dapat meminimalisir terjadinya banjir di kawasan ini,” kata Edi Zalman.

                Proses normalisasi berjalan dengan lancar, para pekerja berhasil memperbaiki drainase dan membersihkan seluruh semak belukar. Bersamaan itu air drainase pun mulai terlihat yang selama ini tertutupi semak belukar. Perlahan-lahan air pun mulai mengalir pertanda drainase yang selama ini tidak berfungsi kini berfungsi kembali.

                Selain Jalan Siku, Edi Zalman mengungkapkan, pihaknya juga telah menormalisasi sebagian drainase di Jalan Marelan VI, Kelurahan Rengas Pulau  serta Jalan Teluk Haru, Kelurahan Martubung dan Jalan Syahbuddin Yatim, Kelurahan Pekan Labuhan,  Kecamatan Medan Labuhan. “Normalisasi akan terus kita lakukan hingga tuntas. Jika drainase berfungsi dan air mengalir lancar, insya Allah kecil kemungkinan terjadinya genangan air maupun banjir,” ungkapnya.

                Meski demikian bilang Edi Zalman, warga sekitar harus menjaga kebersihan drainase yang telah dinormalisasi. Sebab, peran warga sangat menentukan unuk membuat drainase berfungsi atau tidak berfungsi. “Kita harapkan kepedulian dan dukungan warga untuk selalu menjaga kebersihan drainase,”  harapnya. (

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Antisipasi Penyumbatan, Dinas PU Normalisasi Drainase Di Marelan & Labuhan"

Post a Comment