Pemko Medan Kirim Bantuan Kepada Korban Gempa Bumi & Tsunami Palu - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pemko Medan Kirim Bantuan Kepada Korban Gempa Bumi & Tsunami Palu

SUARAMEDAN.com -Pemko Medan mengirimkan bantuan  kepada para korban gempa bumi dan tsunami  di Kota Palu, Sigi dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (9/10). Diharapkan bantuan yang diberikan tersebut berupa makanan cepat saji sebanyak 2,5 ton dan  air mineral  sebanyak 1 ton dapat membantu meringankan  beban para korban yang tertimpa bencana tersebut. Bantuan dari pemko Medan ini diangkut menggunakan KRI Teluk Bintuni-520.

                Tidak hanya itu, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi direncanakan akan bertolak menuju Palu hari ini bersama Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI),  Rabu (10/10). Kepergian Wali Kota ke wilayah yang terkena bencana itu juga untuk memberikan bantuan dari seluruh Wali Kota di Indonesia yang tergabung dalam APEKSI.

                Hal ini terungkap ketika Wali Kota bersama Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto SE MM didampingi Asisten Pemerintahan Musadad Nasution, Kadis Perhubungan Renward Parapat, Kadis Sosial Sutan Endar Lubis, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Arjuna Sembiring,  Kadis Tenaga Kerja Hanalore Simanjuntak, Kabag Humas Ridho Nasution dan Camat Medan Belawan Ahmad mengecek bantuan yang selesai dimuat di KRI Teluk Bintuni-520 tersebut.

                Bantuan dari Pemko Medan itu dikirim bersamaan dengan pengiriman bantuan yang dihimpun oleh Lantamal I Belawan dari masyarakat Sumatera Utara. "Saya berharap bantuan yang kita kirimkan ini  dapat meringankan beban saudara kita yang tengah tertimpa musibah di Palu, Sigi dan Donggala. Setelah bantuan ini kita kirimkan, insya Allah kita juga berencana akan kembali menggalang bantuan,” kata Wali Kota.

                Selanjutnya Wali Kota menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada Lantamal I Belawan yang telah memfasilitasi pengiriman bantuan  dari Pemko Medan. Diungkapkan Wali kota, sebenarnya warga Kota Medan banyak yang ingin mengirimkan bantuan sebagai bentuk empati dan rasa prihatin atas musibah yang menimpa warga Palu, Sigi maupun  Donggala akibat terkendala akses untuk mengirimkannya.

                “Atas nama Pemko Medan, saya sangat berterima kasih sekali atas fasilitas angkutan yang diberikan Lantamal I Belawan untuk memfasilitasi membawa bantuan  dari Pemko Medan, termasuk bantuan dari masyarakat Sumut. Dengan adanya fasilita sini, semoga semakin banyak lagi masyarakat yang tergerak hatinya untuk menyumbang guna membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah tersebut,” ungkapnya.

Mantan Wakil Wali Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu selanjutnya mengungkapkan, dirinya juga akan bertolak besok (hari ini)  menuju Kota Palu guna menyerahkan secara langsung bantuan dari Wali Kota  se-Indonesia yang tergabung dalam APEKSI.  “Wali Kota se-Indonesia yang tergabung dalam APEKSI merasa prihatin dengan musibah terhadap warga Kota Palu, Sigi dan Donggala. Apalagi kondisi saudara-saudara kita di sana sangat memprihatinkan dan membutuhkan uluran bantuan,” jelasnya.

                Sementara itu menurut Danlantamal I Belawan  Laksamana Pertama TNI Ali Triswanto, bantuan yang akan dikirim hariitu sebanyak 70 ton yang terdiri dari beras, minyak makan, makanan cepat saji, air mineral dan lain sebagainya.  Sebelum bertolak menuju Palu, Ali Triswanto  menjelaskan, KRI Teluk Bintuni-520 akan bersandar terlebih dahulu ke dermaga yang ada di Jakarta untuk mengangkut bantuan yang sudah dikumpulkan di Jakarta. “Setelah itu barulah KRI Teluk Bintuni-520 bertolak ke Kota Palu untuk membawa seluruh bantuan,”  terang Danlantamal.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pemko Medan Kirim Bantuan Kepada Korban Gempa Bumi & Tsunami Palu"

Post a Comment