Wali Kota Medan Hadiri Peresmian IPLT Medan dan SPAM IKK Sergai - Suara Medan | Info Medan Terkini

Wali Kota Medan Hadiri Peresmian IPLT Medan dan SPAM IKK Sergai

SUARAMEDAN.com -Puan Maharani dan Basuki Hadimuljono meresmikan Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) dan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) skala Ibu Kota Kecamatan (IKK) Kabupaten Serdang Bedagai serta Lounching Layanan Sambungan Rumah Air Minum Online.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan 3 program Prov Sumut itu di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Cemara PDAM Tirtanadi, Jalan Flamboyan, Medan, Jumat (26/1) Sore.

Turut hadir bersama kedua menteri adalah Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Anggota DPR RI Sofyan Tan, Gubsu HT Erry Nuradi, Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi, beserta Dirut PDAM Tirtanadi, Sutedi Raharjo, Direktur Adm/Keuangan Arief Haryadian, Direktur Air Limbah Heri Batangari dan Direktur Air Minum Delviyandri.

Selain meresmikan IPLT, Menko Puan juga meresmikan Sistem Penyediaan Air Minum Skala Ibukota Kecamatan (SPAM IKK) di Kecamatan Sei Rampah, Serdang Bedagai, Sambungan Rumah Air Minum Tirtanadi secara Online dan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT).

Menko Puan mengatakan, IPLT Medan dibangun oleh Kementerian PUPR dan rampung tahun 2017. IPLT berfungsi untuk mengolah limbah tinja rumah tangga warga Medan sekitar 50 ribu rumah tangga. Kemudian IPLT diserahkan kepada PDAM Tirtanadi untuk dikelola.

"IPLT ini untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang kami gagasi, meminta agar IPLT itu dirawat bersama oleh para pihak agar dapat digunakan untuk jangka waktu lama," kata Puan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menjelaskan limbah rumah tangga menjadi persoalan serius bagi lingkungan. Karenanya Kementerian PUPR terus memprogramkan pembangunan IPLT. "Sejauh ini sudah ada 240 IPLT yang kami bangun, baik di perkotaan dan perdesaan," katanya.

IPLT, lanjut Basuki, akan terus dikembangkan untuk menuju program 100-0-100 (bebas 100% sanitasi, 0% kawasan kumuh dan 100% akses air minum). "Saat ini, capaian sanitasi di Indonesia tahun 2017 baru mencapai 76,37%, sedangkan akses air minum 72,04%," ungkapnya.

IPLT Medan itu dibangun dengan kapasitas 100 m3/hari yang ditargetkan dapat melayani rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal di Medan.

"Limbah tinja rumah tangga diolah di IPLT Medan ini, air olahan dari sini sudah memenuhi kualitas air baku seperti ketentuan Kementerian LHK, barulah dilepas ke sungai. Kemudian limbah kering, ada yang diolah menjadi pupuk dan brekest (bahan bakar)," terang Basuki.

Dia menambahkan SPAM IKK Serdang Bedagai memiliki kapasitas 50 liter/detik yang dapat melayani 5.000 rumah. "SPAM IKK Serdang Bedagai kita bangun melalui Ditjen Cipta Karya bekerjasama dengan pemkab setempat pada tahun 2016 dan tahun 2017," katanya.

Sementara itu, Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi hadirnya IPLT Medan. Namun diharapkannya agar dibangun minimal 4 lagi IPLT sejenis di Sumut, disamping pengolahan limbah perpipaan yang sudah ada selama ini.

Dirut Tirtanadi Sutedi Raharjo mengatakan kesiapan pihaknya untuk mengelola limbah rumah tangga. Pihaknya juga mengapresiasi diresmikannya IPLT itu dan Sambungan Rumah Air Minum Tirtanadi secara online dan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT).

"Kami di Tirtanadi sudah juga ada bidang air limbah, sehingga kami pun terus fokus dalam pengelolaan air limbah, dimana nantinya tarif yang dikenakan kepada pelanggan limbah sangat murah," katanya.

IPLT Kota Medan dibangun dengan kapasitas 100 m3/hari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan. Sedangkan, SPAM IKK Kabupaten Serdang Bedagai memiliki kapasitas 50 liter/detik yang dapat melayani hingga 5.000 rumah.

Capaian sanitasi di Indonesia pada tahun 2017 baru mencapai 76,37%. Sedangkan akses air minum mencapai 72,04%. Oleh karena itu diharapkan, Pemerintah Kota Medan dan Kabupaten Serdang Bedagai mampu untuk menjamin keberlanjutan infrastruktur IPLT dan SPAM IKK yang telah terbangun melalui langkah-langkah strategis, antara lain penambahan akses baik sambungan air minum maupun pelayanan pengurasan tangki septik, perbaikan kualitas tangki septik di tingkat rumah tangga, dan inovasi pelayanan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan akses sanitasi dan air minum.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Wali Kota Medan Hadiri Peresmian IPLT Medan dan SPAM IKK Sergai"

Post a Comment