Pemko Medan Dorong Terwujudnya KELTANA - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pemko Medan Dorong Terwujudnya KELTANA

SUARAMEDAN.com -Pemko Medan terus berupaya mendorong terwujudnya ketangguhan masyarakat dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kota Medan. Dengan dorongan yang dilakukan ini, masyarakat  diharapkan dapat lebih tanggap dalam menghadapi bencana dengan terarah, terencana, terpadu serta terkoordinasi.

            Salah satu bentuk dorongan yang dilakukan dengan memberikan bantuan logistik dan peralatan dapur umum kepada 8 kelurahan rawan bencana yang ada di  Kota Medan, Selasa (9/1). Penyerahan  bantuan ini dilakukan Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution MSi di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan di Jalan Denai.

Adapun bantuan logistik yang diserahkan Wakil Wali Kota itu sebanyak 320 paket yang berisikan diantaranya beras,  deterjen, minyak goreng, dan mie instan. Sedangkan perlatan dapur umum meliputi ember, ceret dapur, dandang, kuali besi, sendok, dan kompor gas. Dengan bantuan yang diberikan tersebut, masyarakat kedelapan kelurahan cepat tanggap ketika bencana terjadi.

            Dikatakan Wakil Wali Kota, penyerahan logistik dan peralatan dapur umum bagi kelurahan rawan bencana di Kota Medan bertujuan untuk membangun sistem menejemen penanggulangan bencana yang handal, guna mewujudkan Kelurahan Tangguh Bencana (KELTANA) Kota Medan serta meningkatkan kesiapsiagaan bencana di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

            Dengan terwujudnya KELTANA, jelas Wakil Wali Kota, juga diharapkan dapat meningkatkan kemandirian masyarakat di delapan kelurahan dalam melaksanakan upaya-upaya pengurangan resiko bencana yang terjadi.

            Di samping itu tambah Wakil Wali Kota, mendorong integrasi upaya pengurangan resiko bencana dalam rencana pembangunan kelurahan sekaligus menjadi pilot project  untuk menularkan kelurahan lainnya. Dengan begitu seluruh kelurahan di Kota Medan dapat menjadi KELTANA sehingga siap menghadapi segala bentuk bencana.

            “Untuk itu kita berharap agar bantuan yang diberikan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya, guna meningkatkan potensi dan kemampuan masyarakat di kelurahan dalam rangka mengurangi resiko bencana, sekaligus menjadikan masyarakat lebih mampu serta memiliki kekuatan yang kuat untuk membangun kembali kehidupan setelah terkena dampak bencana,” kata Wakil Wali Kota.

            Penyerahan bantuan logistik dan peralatan dapur umum ini diberikan Wakil Wali kota secara simbolis  kepada perwakilan dari kedelapan kelurahan yang selama ini rawan bencana, terutama banjir disaksikan Kepala BPBD Kota Medan Arjuna Sembiring dan Camat Medan Denai Hendra Asmilan.

            Wakil Wali Kota berpesan, bantuan logistik dan peralatan dapur ini dapat dipergunakan sebagai perlengkapan posko maupun dapur umum pada saat  tanggap darurat bencana alam terjadi. “Jadi pergunakanlah ini dengan sebaik-baiknya dan dipertanggungjawabkan. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat yang bermukim di lokasi rawan bencana di Kota Medan,” harapnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pemko Medan Dorong Terwujudnya KELTANA"

Post a Comment