Seberapa Cepat Ya Idealnya Berat Badan Susut? Ini Jawaban Dokter - Suara Medan | Info Medan Terkini

Seberapa Cepat Ya Idealnya Berat Badan Susut? Ini Jawaban Dokter

SUARAMEDAN.com -Diet kekinian banyak yang memberikan penawaran penurunan berat badan yang signifikan dalam waktu yang singkat. Padahal, dokter gizi yang satu ini menjelaskan bahwa penurunan berat badan dalam sebulan idealnya tidak perlu banyak-banyak. Hmm berapa banyak ya sebaiknya?

Saat acara diskusi media tentang 'Mengenali Berbagai Jenis Diet', Rabu (17/1/2018), di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Diana F. Suganda, MKes, SpGK, dari RS Pondok Indah Bintaro, menjelaskan Anda hanya perlu memangkas 0,5 kg per minggunya atau 2 Kg per bulannya.

"Untuk berat badan ideal yang bagus tuh berapa sih? Kalau ngomong penurunan massa lemak, itu hanya boleh 0,5 kg per minggu jadi sebulan 2 kg. Tapi kalau yang obes banget bisa seminggu 1 Kg," ujar wanita yang akrab disapa Diana ini.

Menurutnya, diet-diet kekinian yang menawarkan penurunan berat badan secara signifikan banyak yang belum terbukti dalam jangka panjang. Sehingga dikhawatirkan, justru akan memberikan dampak 'yoyo syndrome' di mana berat badan kembali naik setelah program selesai atau bahkan bisa lebih melambung.

"Kalau yang sampai 8-10 Kg dalam sebulan(penurunan berat badannya) yang hilang apa? Massa air," jelasnya.

Selain itu, pernah disampaikan beberapa waktu lalu oleh Dr dr Samuel Oetoro, MS, SpGK(K), banyak risiko kesehatan yang muncul ketika berat badan seseorang turun dalam waktu yang cepat. Misalnya saja terjadinya batu empedu.

"Itu namanya diet rendah kalori. Nah lemak yang masuk kan sedikit karena asupan juga sedikit jadi bahayanya batu empedu bisa nggak keluar," ucap dr Samuel.

Dokter yang praktik di MRCCC Siloam Hospital ini mengatakan, ketika seseorang melakukan diet idealnya penurunan berat badan yang terjadi berkisar empat hingga lima kilogram. Namun ini tetap tergantung dari kondisi masing-masing individu.

Sumber: detikHealth

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Seberapa Cepat Ya Idealnya Berat Badan Susut? Ini Jawaban Dokter"

Post a Comment