Plt Gubsu Buka RAT KPUM Tahun Buku 2015 - Suara Medan | Info Medan Terkini

Plt Gubsu Buka RAT KPUM Tahun Buku 2015

Plt Gubsu Buka RAT KPUM Tahun Buku 2015
SUARAMEDAN.com - Plt Gubsu Ir H Tengku Erry Nuradi MSi membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM) Tahun Buku 2015 di Gedung MICC Jalan Ringroad Medan, Selasa (29/03/2016).

Tampak hadir dalam acara itu, Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Sumut, Tarmizi Lubis, para anggota DPRD Sumut, Kepala Dinas Koperasi dan KPUM Provinsi Sumut, Muhammad Zein, mewakili Kepala Dinas Perhubungan Sumut, mewakili Kapolda, mewakili Kasatlantas Polresta Medan, para pimpinan Perbankan, mitra kerja dan seluruh peserta rapat anggota.

Plt Gubsu mengharapkan RAT Tahun Buku 2015 akan dapat membahas berbagai hal yang berhubungan dengan kesejahteraan anggota, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kegiatan yang dilakukan anggota khususnya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sehari-hari. "Anggota nantinya akan memberikan masukan-masukan dalam RAT untuk nantinya dapat diterapkan didalam program-program yang dilakukan koperasi pada tahun yang akan datang," ujar Plt Gubsu.

Pada kesempatan itu Plt Gubsu menegaskan kepada Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara untuk mengevaluasi trayek yang tumpang tindih yang selama ini terjadi dilapangan dan merupakan keluhan dari para supir angkutan. "Jika trayek tidak bisa dievaluasi, maka dinasnya yang akan dievaluasi," tegas Plt Gubsu.

Plt Gubsu juga menyampaikan bahwa perlu adanya pengaturan yang baik dalam bersaing (manage competition) agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat antara sesama pengemudi angkutan. Selain itu, lanjutnya perlunya revolusi mental bagi masyarakat khususnya kepada para pengemudi angkutan agar kondisi di lapangan tidak carut marut dan dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menggangu kepentingan umum.

Selain itu Plt Gubsu juga mengimbau agar KPUM dapat mengembangkan wilayah usahanya ke kabupaten/kota lain yang ada di Sumatera Utara. Dikatakan Plt Gubsu, masih banyak kabupaten kota yang ada di Sumatera Utara yang belum memiliki koperasi angkutan seperti KPUM oleh karenanya sangat diperlukan perluasan wilayah. "Dengan adanya pemerataan tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi masyarakat Sumatera Utara," sebut Plt Gubsu seraya menambahkan bahwa Pemprovsu akan memberikan asuransi kepada para pengemudi yang merupakan anggota KPUM yang berjumlah kurang lebih 6.200 orang.

Ketua KPUM Medan,  Drs Jabmar Siburian mengatakan pelaksanaan RAT ini berdasarkan AD/ART KPUM yang membahas laporan kinerja KPUM 2015. Jumlah armada KPUM sampai akhir tahun 2015 lanjutnya kurang lebih 6.200 unit diantarnya 68 persen masih layak jalan dan 32 persen akan diremajakan."Hingga tahun 2015 telah diremajakan kurang lebih 1.400 unit," ujarnya dengan kemampuan keuangan internal dan dengan bekerjasama dengan berbagai pihak mitra KPUM.

Pendapatan tahun 2015 lanjutnya, terealisir sebesar 108,83 persen dibandingkan capaian hasil kinerja tahun 2014. Sisa Hasil Usaha  terealisir sebesar 106,15 persen dibandingkan tahun 2014. Sisa Hasil Usaha Tahun 2015 terealisir sebesar 102,68 persen dibandingkan rencana kerja yang dilaksanakan Tahun 2015. "Capaian kinerja pengurus tahun buku 2015 diatas 100 persen," sebutnya

Untuk Tahun kerja tahun 2016 sebagai wujud pendekatan KPUM terhadap anggota, KPUM akan membuka pejualan spare part dan bengkel-bengkel di tempat yang telah disiapkan yang terintegrasi dengan unit simpan pinjam KPUM.

Pada kesempatan itu Jabnar juga mengharapkan bantuan kepada pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk mengantisipasi terkait telah munculnya taxi crab dan gojek yang mulai beroperasi di kota Medan. Dan juga adanya duplikasi ijin-ijin trayek. Sehingga terjadinya persaingan yang tidak sehat di lapangan. "Kami berharap pemerintah provinsi dapat memberikan solusi terhadap keluhan-keluhan yang dialami anggota KPUM," harapnya.

Acara tersebut juga diisi dengan dengan pemberian penghargaan kepada 15 pengemudi teladan, pegemudi pembayar iuran STM terbaik, dan anggota KPUM terbaik tahun 2015. Dan juga penyerahan secara simbolis stiker taat berlalu lintas yang merupakan pesan dari Plt Gubsu kepada para pengemudi khususnya anggota KPUM.[sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Plt Gubsu Buka RAT KPUM Tahun Buku 2015"

Post a Comment