Jadi Penyebab Terjadinya Genangan Air, Dinas PU Bersihkan Lubang Inlet Tersumbat di Jalan Thamrin - Suara Medan | Info Medan Terkini

Jadi Penyebab Terjadinya Genangan Air, Dinas PU Bersihkan Lubang Inlet Tersumbat di Jalan Thamrin



SUARAMEDAN.com -Meski hujan  belum reda sepenuhnya namun puluhan petugas Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan melakukan pembersihan lubang inlet  yang ada di sepanjang Jalan Thamrin, Selasa (26/9) malam. Pembersihan ini dilakukan karena banyak lubang inlet yang tersumbat sehingga air hujan yang menggenangi jalan tidak dapat masuk ke dalam parit.
            Kondisi tersebut menyebabkan Jalan Thamrin acap kali digenangi air setiap hujan deras turun. Akibatnya kelancaran arus lalu-lintas pun terganggu dan tak jarang berakhir dengan kemacetan.  Tak pelak kondisi itu tentunya menyebabkan masyarakat pengguna jalan merasa kurang nyaman.
            “Genangan air yang terjadi di Jalan Thamrin ini terjadi akibat banyaknya lubang inlet yang tersumbat.  Dengan demikian ketika hujan deras turun, air  terhalang masuk ke dalam parit sehingga menggenangi jalan, terutama di depan STMIK Mikroskil tersebut,” kata Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan.
            Selanjutnya Syahnan pun memerintahkan para petugasnya untuk membersihkan  seluruh lubang inlet yang tersumbat dengan menggunakan cangkul sekop maupun linggis. Satu persatu lubang inlet yang tersumbat berhasil di atas. Bersamaan itu pun perlahan-lahan air yang menggenangi jalan pun kering.
            Syahnan kemudian berharap agar pihak kelurahan maupun kepala lingkungan (kepling) untuk lebih peduli lagi dengan kondisi lubang inlet yang ada di pingguir jalan. Artinya, mereka harus sering mengontrol guna memastikan lubang inlet yang ada tidak tersumbat guna mencegah terjadinya genangan air.
            Ditegaskan Syahnan, meski terkesan sepele namun keberadaan lubang inlet ini sangat vital. Apabila satu persatu lubang inlet yang ada ada dibiarkan tersumbat akan memicu  jalanan digenangi air. Selain akan mengganggu kelancaran arus lalu lintas, genangan air yang terjadi lama kelamaan akan membuat aspal terkelupas yang berakhir dengan rusaknya jalan.
            “Jadi  saya mengajak pihak kelurahan dan kepling lebih peduli  melakukan controling (pengawasan), guna memastikan seluruh lubang inlet yang ada di wilayah kerjanmya masing-masing tidak tersumbat. Apabila penyumbatan lubang inlet sangat sulit diatasi, segera sampaikan kepada Dinas PU.  Kita siap membantu untuk mengatasinya!” tegasnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Jadi Penyebab Terjadinya Genangan Air, Dinas PU Bersihkan Lubang Inlet Tersumbat di Jalan Thamrin"

  1. segera bergabung dengan kami di u+p+d+a+t+e+b+e+t+t+i+n+g
    dan menangkan hadiah menariknya

    ReplyDelete