Drainase Jalan Sembada Kelurahan Titi Rantai Dikorek Demi Antisipasi Banjir - Suara Medan | Info Medan Terkini

Drainase Jalan Sembada Kelurahan Titi Rantai Dikorek Demi Antisipasi Banjir



SUARAMEDAN.com -Menyikapi  tingginya intesitas hujan belakangan ini, Kecamatan Medan Baru langsung melakukan antisipasi untuk mengatasi terjadinya banjir di sejumlah wilayahnya yang selama ini rentan digenangi air setiap kali hujan deras turun. Salah satu bentuk antisipasi yang dilakukan dengan melakukan pembersihan sekaligus pengorekan drainase, Senin (25/9).
            Untuk membersihkan sekaligus mengorek drainase tersebut, Camat Medan Baru Ilyan Chandra Simbolon menurunkan puluhan busernya yang tergabung dalam Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU).Drainase yang menjadi objek pembersihan pengorekan berlokasi di Jalan Sembada, Kelurahan Titi Rantai.
            Menurut Ilyan, drainase itu selama ini dipenuhi sampah dan semak sehingga menyebabkan terjadinya sendimentasi. Tak pelak kndisi itu membuat drainase tidak berfungsi untuk menampung debit  air saat hujan deras turun. Alhasil  setiap kali hujan deras turun, air pun melimpah dari drainase  sehingga menggenangi jalan dan halaman rumah warga.
            “Kawasan ini termasuk rawan banjir, bahkan air sampai menggenangi rumah warga. Untuk itu menyikapi tingginya intensitas hujan belakangan ini, kita pun harus membersihkan dan mengorek drainase sesehingga berfungsi kembali. Semoga dengan  antisipasi yang dilakukan ini mampu mengatasi banjir yang terjadi selama ini,” kata Ilyan.
            Pembersihan dan pengorekan ini dilakukan tim buser sekitar pukul 09.00 WIB menggunakan cangkul dan penggaruk.  Dengan kompak dan penuh semangat, mereka pun mengangkat  seluruh sampah maupun  semak yang menjadi pemicu terjadinya sendimentasi.
            Pengerjaan ini dilakukan hingga pukul 12.00 WIB. Drainase yang semula dangkal dan dipenuhi semak kini  telah dalam serta bersih kembali. Sedangkan sampah dan rumput hasil pengorekan langsung diangkut untuk selanjutnya dibuang ke lokasi pembuangan.
            Usai melakukan pembersihan, Ilyan pun menghimbau sekaligus mengajak warga sekitar untuk menjaga kebersihan drainase tersebut. Selain tidak membuang sampah ke dalam drainase, dia juga berharap warga ikut serta membersihkan drainase.
“Minimal membersihkan drainase yang ada di depan rumahnya masing-masing. Jika ini rutin dilakukan sebulan sekali, saya optimis drainase  mampu menampung debit air  sekalipun hujan deras turun. Dengan demikian kecil kemungkinan terjadinya banjir,” harapnya.
            Setelah pembersihan dan pengorekan drainase di Jalan Sembada tersebut, Ilyan pun mengungkapkan, pihaknya beserta seluruh tim buser akan melakukan hal sama di kawasan yang selama ini  rentan terjadinya banjir akibat tersumbatnya drainase.
“Kita sudah  data kawasan mana yang selama ini menjadi langganan banjir. Satu persatu drainase maupun parit  akan kita korek dan bersihkan sehingga berfungsi kembali untuk menampung debit air. Jika drainase maupun parit yang ada berfungsi, saya optimis banjir  dapat diatasi,” ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "Drainase Jalan Sembada Kelurahan Titi Rantai Dikorek Demi Antisipasi Banjir"

  1. mari buruan yang jauh merapat, yang dekat silahkan daftar,mainkan dan menangkan hadiahnya, hanya di u*p*d*a*t*e*b*e*t*t*i*n*g

    ReplyDelete