BG Dilantik sebagai Wakapolri Secara Tertutup, Wartawan Tidak Diundang Meliput - Suara Medan | Info Medan Terkini

BG Dilantik sebagai Wakapolri Secara Tertutup, Wartawan Tidak Diundang Meliput

SUARAMEDAN.com - Kepala Polri Jenderal Pol Badrodin Haiti resmi melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Wakil Kepala Polri, Rabu (22/4/2015). Pelantikan berlangsung tertutup.
"Kami sampaikan kepada masyarakat, kami sudah punya Wakapolri, Pak Budi Gunawan. Mohon doa restu, semoga pasangan ini bisa meningkatkan kinerja Polri secara keseluruhan," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Anton Charliyan di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Rabu (22/4/2015).

Mengutip Kompas, acara pelantikan Budi Gunawan dilangsungkan di lantai II Gedung Utama Mabes Polri.

Sejumlah perwira tinggi bintang tiga, bintang dua, dan bintang satu hadir dalam upacara pelantikan tersebut.

Sedianya, pelantikan Budi dilangsungkan pada pukul 13.00 WIB. Namun, acara baru dapat diselenggarakan pukul 14.00 WIB. Sejumlah petinggi Polri sempat menunggu di ruangan tersebut.

Kapolri sebelumnya menjelaskan, sidang Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi sudah digelar pada Jumat (17/4/2015). Namun, keputusan tentang penunjukan Budi Gunawan sebagai Wakapolri baru didapatkan pada Selasa (21/4/2015).

Pelantikan tetap digelar meski kepolisian belum melakukan gelar perkara bersama terkait kasus Budi. Gelar perkara itu untuk memutuskan apakah kasus yang dituduhkan kepada Budi dapat dilanjutkan atau tidak.

KPK sebelumnya merasa memiliki cukup bukti bahwa Budi terlibat kasus dugaan korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji selama menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karier Deputi Sumber Daya Manusia Polri periode 2003-2006 dan jabatan lainnya di kepolisian.

Namun, hakim Sarpin Rizaldi memutuskan bahwa penetapan tersangka Budi oleh KPK tidak sah. KPK juga dianggap tidak berwenang mengusut kasus itu.

Dampaknya, KPK melimpahkan perkara Budi ke Kejaksaan Agung. Namun, kejaksaan melimpahkannya ke Polri.

Kepala Bareskrim Polri Komjen Budi Waseso membantah pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai Wakapolri digelar secara tertutup.

"Tidak. Siapa bilang pelantikan tertutup? Itu terbuka kok," ujar pria yang populer disapa Buwas itu seusai menghadiri pelantikan di teras Gedung Utama Mabes Polri, Rabu (22/4/2015).

Buwas mengatakan, pada acara pelantikan Wakapolri itu, pihaknya tidak mempersilakan jurnalis untuk meliput karena keterbatasan waktu dan tempat.

"Itu karena waktu dan tempatnya terbatas ya. Kita kan maunya sederhana saja," lanjut dia.

Buwas meminta pelantikan Budi Gunawan jadi Wakapolri tersebut tidak dilebih-lebihkan dan menjadi polemik berkelanjutan di masyarakat. Dia mengatakan, Wakapolri memang urusan internal.

Sumber: Kompas

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "BG Dilantik sebagai Wakapolri Secara Tertutup, Wartawan Tidak Diundang Meliput"

Post a Comment