Tim Dan Bantuan Kemanusiaan BSMI Telah Sampai ke Nepal - Suara Medan | Info Medan Terkini

Tim Dan Bantuan Kemanusiaan BSMI Telah Sampai ke Nepal

Tim Dan Bantuan Kemanusiaan BSMI Telah Sampai ke Nepal

SUARAMEDAN.com -Jakarta, Musibah gempa berkekuatan 7,9  skala richter yang mengguncang Nepal pada Sabtu (25/04/2015)  Kathamandu, Nepal yang menyebabkan lebih dari 2.500 orang meninggal dunia  membuat lembaga kemanusiaan nasional Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) ikut mengirimkan tim kemanusiaan.

BSMI direncanakan akan memberangkatkan tim yang terdiri dari dokter spesialis seperti anastesi, orthopedi, penyakit dalam, kesehatan masyarakat, anak dan psikososial (trauma healing).


“BSMI menerima informasi bahwa di sejumlah rumah sakit di Nepal, para petugas medisnya terpaksa merawat para pasien di tenda-tenda darurat untuk menghindari ambruknya gedung. Aliran listrik telah dimatikan dan sistem komunikasi terhenti sehingga menggangu penangangan pasien untuk operasional rumah sakit,” ujar Ketua Umum BSMI Muhamad Djazuli Ambari, SKM, M.Si.


Untuk tahap awal, hari ini, Senin (27/04/2015) BSMI akan berusaha memberangkatkan tim advance (assesment) ke Nepal agar bisa lebih mengetahui situasi dan kondisi pasca gempa.
Selain itu, tim advance akan memberikan informasi detil bantuan apa saja yang akan disalurkan dari Indonesia dan tentunya koordinasi dengan pihak berwenang setempat.
Menurut, keberadaan relawan BSMI di Nepal sebagai bentuk keprihatinan terhadap para korban demi kemanusiaan. Apalagi Indonesia baru saja menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika (KAA) yang dihadiri oleh negara-negara Asia dan Afrika.


Oleh karena itu, sesama negara Asia, Indonesia merasa berkewajiban membantu Nepal yang sedang dilanda musibah gempa bumi.
Saat ini, para penduduk dilaporkan mengungsi untuk menghindari rubuhnya berbagai bangunan.


Ribuan orang berkutat dengan cuaca dingin dan terpaksa tidur di trotoar, taman atau lapangan-lapangan pada malam hari karena telah kehilangan tempat tinggal mereka.
Menurut PBB, sekitar 4,6 juta orang dari 27 juta jiwa penduduk Nepal terkena dampak gempa yang mengenai 30 wilayah bagian Nepal dari 75 wilayah secara keseluruhan.

Sumber : Islamedia

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Tim Dan Bantuan Kemanusiaan BSMI Telah Sampai ke Nepal"

Post a Comment