Pilih Buku atau E-book, Ini Perbandingannya - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pilih Buku atau E-book, Ini Perbandingannya

SUARAMEDAN.com - Dengan makin pesatnya perkembangan teknologi, banyak kebiasaan konvesional kita mulai beralih kearah digital. Membaca buku misalnya, kini kelompok pembaca telah menjadi dua kubu, kubu yang masih suka dengan gaya lama, membaca buku kertas, dan kelompok modern, membaca buku digital. Ebook mulai menjadi tren walau tetap saja sesuatu yang baru pasti punya kelebihan sekaligus kekurangan.

Mari kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan dari buku dan e-book.

1. Buku Mahal, E-book Gratis
Untuk bisa menikmati buku kita harus mengeluarkan uang yang kadang tidak sedikit. Berbeda dengan e-book, banyak situs di internet yang memberikan fasilitas unduh gratis untuk bisa mendapatkan e-book. Namun  e-book berbahasa Indonesia masih sangat terbatas. E-book juga tidak sepenuhnya gratis, situs penjualan seperti Amazon banyak menawarkan e-book berbayar. Selain itu, e-book gratis biasanya memiliki masalah dengan hak cipta.

2. Buku Tidak Ramah Lingkungan, E-book Lebih Ramah Lingkungan
Buku diproduksi dengan menggunakan bahan dari alam, sedangkan e-book tidak. Bayangkan, 1 rim kertas (500 lembar) berasal dari 1 buah pohon yang berusia 5 tahun.

3. Buku Gampang Rusak, E-Book Tetap Awet
Karena buku berbahan kertas, bila tidak diperlakukan dengan hati-hati buku bisa sobek atau malah berjamur. Beda dengan e-book, tidak akan ada halaman yang sobek karena semua dalam bentuk digital. Hanya saja bila tidak di maintenance dengan baik, file e-book sering hilang akibat kerusakan hardisk atau hilangnya flasdisk kita.

4. Buku Bisa ditandatangani Penulis, E-book Juga Bisa
Ada kebanggaan tersendiri bila buku yang kita miliki dibubuhi tanda tangan asli penulis, lantas bagaimana dengan e-book? E-book juga bisa tapi dalam bentuk softcopy. Disini sepertinya sensasinya akan berbeda.

5. Buku Bisa dikoleksi, E-book Juga Bisa

Walau penyimpanan buku membutuhkan space yang cukup luas, namun ketika melihat semua koleksi anda, perasaan puas itu pasti ada. Berbeda dengan e-book yang hanya membutuhkan satu perangkat device untuk beberapa ratus e-book tetapi dia hanya bisa tersimpan rapi di folder kita, bahkan karena berbentuk virtual,  kita bisa lupa kalau punya koleksi e-book.

6. Buku Tidak Membuat Mata Lelah Beda Dengan E-book
Membaca sebuah buku yang berjumlah 500 halaman bisa saja dibaca dalam satu hari. Tapi bila kita membaca e-book dipastikan tidak akan mampu membaca sebanyak itu, mata kita pasti akan kelelahan karena harus menatap layar selama berjam-jam. Namun dengan perkembangan teknologi gadget, keluhan mata lelah lama-kelamaan semakin berkurang.

7. Buku Tidak Membutuhkan Sumber Daya lain untuk Membacanya, E-book Butuh Listrik
Saat listrik padam, atau kita tengah berada jauh dari sumber energi, atau ketika gadget kita rusak, e-book tidak bisa diakses. Sementara buku tidak membutuhkan sumber daya lain selain cahaya untuk bisa membacanya.

Dari semua perbandingan diatas mana yang lebih anda pilih ? Kemajuan teknologi memang menawarkan segala kemudahan, namun belum tentu bisa menyuguhkan kenyamanan. Apakah anda telah nyaman dengan e-book atau lebih memilih membaca secara old fashioned? semua bergantung pada anda.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pilih Buku atau E-book, Ini Perbandingannya"

Post a Comment