Ingat 4 Macam Cara Ini Di Jamin Anda Tidak Susah Tidur - Suara Medan | Info Medan Terkini

Ingat 4 Macam Cara Ini Di Jamin Anda Tidak Susah Tidur

Ingat 4 Macam Cara Ini Di Jamin Anda Tidak Susah Tidur

SUARAMEDAN.com -SUSAH tidur atau insomnia merupakan hal yang sangat menjengkelkan. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur rata-rata manusia sekitar 8 jam, tapi karena adanya gangguan sulit tidur, maka berkurang juga waktu tidur seseorang.


Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini bisa mengakibatkan juga terjadinya gangguan kesehatan lainnya dan daya tahan tubuh pun menjadi berkurang dan mudah sakit.

Berikut beberapa hal yang bisa mengakibatkan Anda insomnia:

1. Membaca menggunakan Ipad

Kini banyak orang ingin bersantai sebelum tidur dengan membaca buku melalui Ipad mereka. Tapi cara Anda membaca mungkin memengaruhi tingkat melatonin dan kecepatan gerakan mata (REM).

Penelitian dari Lighting Research Center at Rensselaer Polytechnic Institute menunjukkan bahwa menghabiskan waktu dua jam bermain Ipad sudah cukup membuat seseorang sulit tidur.

Cahaya dari Ipad diperkirakan menunda ritme sirkadian yang mengakibatkan tubuh memproduksi tingkat yang lebih rendah dari melatonin, hormon yang diperlukan untuk tidur yang baik. Kekurangan melatonin bukan hanya mengakibatkan Anda sulit tidur, tapi juga telah dikaitkan dengan penuaan otak, gangguan afektif bahkan kanker.

2. Kafein
Sebuah penelitian baru menemukan bahwa mengonsumsi kafein bahkan hingga enam jam sebelum tidur bisa mengakibatkan Anda kesulitan tidur.

3. Olahraga

"Orang-orang yang memiliki insomnia memiliki pola hidup yang berbeda daripada mereka yang tidak megidap insomnia," kata psikolog klinis dan peneliti tidur, Kelly Glazer Baron, seperti dilansir laman Care2, Minggu (26/4).

Jika Anda mengidap insomnia maka Anda harus rajin berolahraga karena hal ini bisa memperbaiki pola tidur Anda.

4. Mengonsumsi alkohol pada malam hari

Dalam review dari 27 studi peneliti pertama kali menemukan bahwa alkohol benar-benar tidak memperbaiki pola tidur. Apa yang mereka temukan adalah bahwa alkohol memang membantu orang tertidur lebih cepat tetapi hanya untuk jangka waktu singkat.

Gangguan tidur REM bisa menghilangkan kemampuan untuk berkonsentrasi, tingkat serotonin dan dopamine bisadipengaruhi secara negatif yang memiliki dampak negatif pada kesehatan mental.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Ingat 4 Macam Cara Ini Di Jamin Anda Tidak Susah Tidur"

Post a Comment