Hadapi MEA, Sutias Sayangkan Masyarakat Lebih Sukai Produk Luar Negeri dari Dalam Negeri - Suara Medan | Info Medan Terkini

Hadapi MEA, Sutias Sayangkan Masyarakat Lebih Sukai Produk Luar Negeri dari Dalam Negeri

Hadapi MEA, Sutias Sayangkan Masyarakat Lebih Sukai Produk Luar Negeri dari Dalam Negeri
SUARAMEDAN.com -Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) seharusnya tertantang untuk mempersiapkan produk dalam negeri menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean, (MEA) yang akan dimulai Desember 2015.

Pernyataan ini disampaikan Pelaksana Tugas Harian Sekda Provsu Sabrina pada Rapat Kerja Daerah Pengurus Dekranas Provsu Pengurus Dekranasda Kabupaten /Kota Se Sumatera Utara, di Bina Graha, Rabu (25/3/2015).

"Kita berharap bahwa produk dalam negeri harus memiliki kualitas bagus dengan harga bersaing. Tentunya kita juga sebagai masyarakat Sumut khususnya harus memberi aspresiasi pada produk-produk dalam negeri," katanya.

Karena itu, lanjutnya, para pengurus Dekranas harus mempromosikan produk-produk kerajinan daerah, baik secara langsung untuk meningkatkan pendapatan pengrajin dan secara tak langsung dengan melestarikan budaya daerah melalui penggunaan produk-produk kerajinan kita.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dekranasda Sumut Sutias Handayani.

"Saya sangat prihatin kepada masyarakat kita khususnya Sumut yang lebih menyukai produk luar misalnya asal Malaysia yakni sepatu Vinci, sementara pengrajin kita produksi sepatunya sangat baik dari segi kualitas juga modelnya, jadi untuk apa malu pakai produk dalam negeri," katanya.

Sutias menyatakan sekali lagi kebanggannya atas stan Dekranasda Sumut di Bandara Kuala Namu International, Deli Serdang. Di tempat itu para pendatang baik dalam maupun luar negeri bisa mendapat dan melihat langsung produk asli daerah Sumut, mulai dari kerajinan tas, sepatu, baju yang berbahan kain tenun /ulos .

Gubernur Gatot dalam kata sambutannya yang dibacakan Pelaksana Tugas Harian Sekda Provsu Sabrina mengatakan, rapat kerja daerah pengurus diharapkan mampu menghasilkan kesepakatan dalam menyusun program kerja yang sinergi, terpadu, dan lebih terarah.

"Diharapkan akan tumbuh semangat kebersamaan dan inovasi untuk membangun masyarakat perajin meningkatkan produktivitas dan daya saing dalam meraih pasar," ujarnya.

sumber : tribunmedan

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Hadapi MEA, Sutias Sayangkan Masyarakat Lebih Sukai Produk Luar Negeri dari Dalam Negeri"

Post a Comment