Valentino Rossi Memenangi Balap Pembuka Musim di Qatar - Suara Medan | Info Medan Terkini

Valentino Rossi Memenangi Balap Pembuka Musim di Qatar

Rossi-Memenangi-Balap-Pembuka-Musim-Qatar
SUARAMEDAN.com - Doha, Pembalap veteran MotoGP Valentino Rossi menampilkan kembali penampilan terbaik­nya untuk memenangi balap pembuka musim di Qatar bagi Yamaha pada Senin (30/3) WIB, di mana para pembalap Italia menyapu bersih podium setelah menghasilkan duel sengit di bawah sorotan lampu Losail.

Andrea Dovizioso, yang start di posisi terdepan se­da­ngkan Rossi di urutan kedela­pan, menduduki peringkat ke­dua dengan tertinggal 0,174 detik di belakang tim Ducati, pebalap lain di Ducati Andrea Dovizioso finis di pe­ringkat ketiga.

Juara dunia dua kali asal Hon­da Marc Marquez finis di peringkat kelima se­telah ter­singkir pada tikungan pertama dan harus bertarung dari posisi paling terahir.

Kemenangan ini, pada usia 36 tahun, merupakan keme­nangan ke-109 Rossi sepan­jang karirnya di Grand Prix dan yang ke-83 dari keserta­annya di balap kategori terting­gi.

“Saya sudah sering menga­takan hal ini, namun bagi saya inilah yang terbaik,” kata Ros­­si, juara dunia sembilan kali, setelah balap yang menam­pil­kan duel sengit di posisi terde­pan namun hasil akhirnya sesu­ai dengan yang diharakan Ros­si.

Dovizioso memimpin sejak awal, namun rekan setim Rossi yang berasal dari Spanyol se­kaligus juara dunia dua kali Jorge Lorenzo merangsek ke de­pan, ketika balap ini berubah men­jadi pertarungan antara Ya­maha melawan Kawasaki, di ma­na para pebalap Honda kesu­litan mengimbanginya.

Rossi terlihat mampu me­nga­mankan peringkat keempat na­mun mampu bergerak naik saat balap sudah berlangsung se­pa­ruh jalan, dan kemudian meng­gu­naan pengalamannya untuk me­nyerang, mengambil alih pucuk pimpinan balap untuk pertama ka­linya dengan empat putaran ter­sisa.
“Itulah Valentino Rossi da­lam ben­tuk terbaiknya,” kata ketua tim Yamaha Lin Jarvis kepada BT Sport Television.

“Kebangkitan sensasional dari peringkat kedelapan pada awal (mu­sim)... Ia melakukan­nya dengan benar-benar ba­gus.” Ducati tidak pernah me­menangi Moto GP sejak 2010 namun ada kategori “terbuka” yang me­nawar­kan sejumlah keunggulan terma­suk ban dan bensin, sampai mereka mampu tam­pil reguler di podium.

Sepertinya penantian me­reka telah berakhir, di mana Dovizioso berada tepat di bela­kang Lorenzo, dan kemu­dian mengejar Rossi, namun hal itu tidak terjadi.

“Pada putaran terakhir saya benar-benar bekerja sa­ngat ke­ras namun saya tidak lagi me­miliki ‘grip’ (genggaman) di as­pal dan mustahil untuk menc­oba menyerang Valenti­no, kata Dovizioso, “Bagai­ma­na­pun, posisi kedua pada balap pertama benar-be­nar bagus.” Marquez, pe­me­nang di Qatar tahun lalu, ter­paksa bergerak melebar pada tikungan per­ta­ma dan meski kemenangan, ti­dak banyak yang dapat dila­ku­kan­nya un­tuk masuk empat besar.

Setidaknya pembalap Spa­nyol ini dapat meninggalkan sirkuit dengan kepala tegak se­telah mendahului rekan setim­nya di Honda, Dani Pedrosa, untuk menduduki peringkat kelima dengan 11 putaran ter­sisa. (Analisa)

Hasil MotoGP Qatar:

1. Valentino Rossi     Yamaha Yamaha     42m35.717s
2. Andrea Dovizioso     Ducati Ducati     0.174s
3. Andrea Iannone     Ducati Ducati     2.250s
4. Jorge Lorenzo     Yamaha Yamaha     2.707s
5. Marc Marquez     Honda Honda     7.036s
6. Daniel Pedrosa     Honda Honda     10.755s
7. Cal Crutchlow     LCR Honda     12.384s
8. Bradley Smith     Tech 3 Yamaha     12.914s
9. Pol Espargaro     Tech 3 Yamaha     13.031s
10. Yonny Hernandez     Pramac Racing Ducati     17.435s
11. Aleix Espargaro     Suzuki Suzuki     19.901s
12. Danilo Petrucci     Pramac Racing Ducati     24.432s
13. Scott Redding     Marc VDS Honda     32.032s
14. Maverick Vinales     Suzuki Suzuki     33.463s
15. Hector Barbera     Avintia Racing Ducati     33.625s
16. Stefan Bradl     Forward Yamaha Forward/Yamaha     33.944s
17. Nicky Hayden     Aspar Honda     38.970s
18. Eugene Laverty    Aspar Honda     46.570s
19. Mike Di Meglio     Avintia Racing Ducati     59.211s
20. Alex de Angelis     IodaRacing Project ART/Aprilia 1m14.981s
21. Marco Melandri     Aprilia Gresini Aprilia     1m48.143s
22. Loris Baz     Forward Racing Yamaha /Yamaha 3 Laps
- Karel Abraham     AB Motoracing Honda Retirement
- Jack Miller     LCR Honda Retirement
- Alvaro Bautista     Aprilia Gresini Aprilia Retirement

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Valentino Rossi Memenangi Balap Pembuka Musim di Qatar "

Post a Comment