Penertiban Pedagang Sayuran Ka­wasan Jalan Sutomo Medan Rusuh - Suara Medan | Info Medan Terkini

Penertiban Pedagang Sayuran Ka­wasan Jalan Sutomo Medan Rusuh

Suara-Medan-Penertiban-Pedagang-Sayuran-Jalan-Sutomo-Rusuh
SUARAMEDAN.com - Penertiban pedagang sayuran di ka­wasan Jalan Sutomo oleh Pemko M­edan mendapat  perlawanan dari ratu­san pemuda yang me­ngaku se­bagi kuli bongkar muat truk sayur-mayur, Ming­gu (29/3), sekitar pukul 23.30 WIB, dengan memblokir Ja­lan Sutomo, kelu­rahan Gang Buntu, Kecamatan Medan Timur dan mem­bakar meja dan pa­yung mi­lik peda­gang.

Aksi anarkis ini menyebabkan kaca depan satu unit mobil patroli milik Satpol PP Kota Medan pecah, begitu juga dengan kaca mobil truk milik TNI Angkatan Udara yang di­parkirkan di sekitar Tugu Apolo.  Selain itu mobil dinas Toyota Inova Kasatpol PP Kota Medan M Sofyan tak luput dari hujanan batu, tulang kaca bagian depan penyot dihan­tam batu. Atas insiden tersebut, 16 pemuda pun  diamankan.

Kericuhan bermula saat ratusan pe­muda yang selama ini menggan­tungkan hidup dari bongkar  muat sa­yur-mayur, berkumpul di depan Gedung Nasional dan melakukan orasi guna memprotes dan menen­tang  pe­larangan  berjualan  di sepu­ta­ran kawasan Jalan Sutomo, me­nyusul telah diopera­si­kannya Pasar Induk Tuntungan di kelura­han Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan.

Kericuhan pecah sekitar pukul 23.30 WIB, ratusan pemuda yang su­dah emo­si langsung menyerang tim gabungan dengan lemparan ba­tu. Serangan men­dadak ini membuat tim gabungan ter­kejut dan sempat mundur untuk melin­dungi diri. Se­lanjutnya tim ga­bungan yang terdiri dari unsur Marinir, TNI AU, Kodim 0201/BS, Denpom, Bri­mobdasu, Dis­hub Medan, Satpol PP serta ins­tansi terkait lainnya balik  mengejar ratusan pemuda.

Pasca kejadian,  kawasan Jalan Suto­mo tampak mencekam. Seluruh toko yang ada disepanjang jalan pun tutup. Meski tidak ada pemblo­kiran jalan, namun tak ada masya­rakat yang me­lintasi jalan itu baik menggunakan roda dua maupun empat. Se­mentara itu Ka­satpol PP M Sofyan bersama se­jumlah ang­gota dengan meng­gunakan mobil truk milik Satpol  PP, melakukan pat­roli.

Kadis Perhubungan Kota Medan Ren­ward Parapat  yang turut serta me­lakukan pengamanan kawasan Jalan Sutomo, mengaku teklah me­nurunkan  anggotanya untuk mem­bantu penga­manan, terutama mela­rang truk me­masuki kawasan Jalan Sutomo sekali­gus menjaga arus lalu lintas di kawasan itu tetap lancar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Penertiban Pedagang Sayuran Ka­wasan Jalan Sutomo Medan Rusuh"

Post a Comment