Peduli TB, Komunitas Ini Mencari Lendir di Kota Medan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Peduli TB, Komunitas Ini Mencari Lendir di Kota Medan

SUARAMEDAN.com, Medan -Ratusan orang kader komunitas ini berkeliling kota Medan melakukan gerakan ketuk pintu nasional untuk mencari dahak atau lendir manusia (penderita TB) di 50 titik Se-Kota Medan, Selasa (24/3/2015).

Komunitas Aisyiyah Sumatera Utara yang tergabung dalam Community TB Care Aisyiyah memperingati Hari Tuberkulosis Se-dunia dengan berkampanye ingin menyadarkan masyarakat tentang bahaya penyakit TB yang dapat menular dan mengakibatkan kematian.

Kepala Sub Recipient (SR) Community TB Care Aisyiyah, Hj Radesnir mengatakan berdasarkan data dari kementerian Kesehatan, Indonesia peringkat empat dunia dengan jumlah penderita terbanyak.

“Gerakan ketuk pintu nasional, merupakan kampanye serentak tentang informasi penanggulangan penyakit TB yang langsung terjun ke masyarakat, jadi kampanye ini langsung door to door kekawasan kumuh,dan padat penduduk di 50 titik se-Kota Medan,“ ujarnya.

Selain itu, kata Radesnir adapun titik titik yang menjadi kawasan gerakan ketuk pintu yakni, Kawasan perkumuhan Sicanang Belawan, Kampungnelayan, Kawasan pinggiran rel, Bantaran sungai, lembaga pemasyarakatan, pusat–pusat pasar tradisional, sekolah TK ABA, terminal, persimpangan jalan, dan lain lain.

“Dalam kampanye tersebut kita langsung interaksi ke masyarakat, menyebarkan brosur dan langsung menjaring pasien suspect TB,” ujar Radesnir yang juga Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumut ini.

Koordinator Program Community TB Care Aisyiyah Sumut, Ridha Yuanita Sutomo, menambahkan, pada tahun 2015 ini, tema Hari TB Sedunia yakni, Ayo Lakukan Sesuatu Untuk Indonesia bebas TB’ diselenggarakan serentak di 11 propinsi 47 kabupaten/kota yang ada di Indonesia.

“Pada intinya peringatan TB Day 2015 ini mengajak keterlibatan masyarakat seluas-luasnya untuk lebih peduli terhadap penyakit TB dan mau bersama sama memeranginya agar angka penularan dan kesakitan TB dapat diputus, “ katanya

Dia menuturkan, berdasarkan data Community TB Care Aisyiyah Sumut pada tahun 2014-2015 sudah menemukan orang yang terduga TB (Suspect) sebanyak 5174, pasien positif TB paru dan ekstra paru sebanyak 955, sembuh 470 orang dan yang gagal/meninggal 8 orang. Selama ini program penanggulangan TB bekerja sama dengan Pemerintah Kota Medan khususnya Dinas Kesehatan Kota Medan.

“Kota Medan termasuk kota yang tinggi angka temuan TB nya, oleh sebab itu diperlukan kesadaran dan kerja sama masyarakat untuk bersama sama menanggulanginya, untuk informasinya bisa langsung menghubungi saya ke no 081362337316,” kata perempuan berkulit putih ini.

sumber : tribunmedan

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Peduli TB, Komunitas Ini Mencari Lendir di Kota Medan"

Post a Comment