Walikota Jakarta Timur Resmikan 27 Titik Pos Peduli TB Yang Didirikan Oleh PKPU - Suara Medan | Info Medan Terkini

Walikota Jakarta Timur Resmikan 27 Titik Pos Peduli TB Yang Didirikan Oleh PKPU

Walikota Jakarta Timur Resmikan 27 Titik Pos Peduli TB Yang Didirikan Oleh PKPU
SUARAMEDAN.com, Jakarta - Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama Walikota Jakarta Timur meresmikan 27 titik Pos Peduli TB (Tuberculosis) untuk wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Itu pembuka rangkaian kampanye Hari TB Dunia 2015, Selasa (24/03/2015).

"PKPU yang merupakan lembaga yang pertama kali menggelar Kampanye TB bertajuk 'Ketuk 2010 Pintu' pada tahun 2010. Tahun ini melakukan inovasi dengan menggelar kegiatan Ketuk 2015 Pintu dan donasi 2015Kg Telur untuk dikonsumsi Pasien TB melalui pendirian Pos Peduli TB," jelas GM Area Nasional PKPU Cecep Ismail di kantor Walikota Jakarta Timur, Cakung, Jakarta Timur, Selasa (23/03/2015).

Cecep menambahkan bahwa Pos Peduli TB menjadi pusat edukasi masyarakat tentang TB (Tuberculosis) dan penggalangan dana bagi masyarakat di wilayah-wilayah binaan PKPU. Berdirinya, pos Peduli TB selama 1 bulan, mulai 25 Maret hingga 24 April nanti, PKPU berharap sebanyak 2015 keluarga akan mendapatkan penyuluhan mengenai TB.

"PKPU menargetkan dapat mengumpulkan 2015kg telur ayam untuk pasien TB yang terdata di Suku Dinas Kesehatan (Sudin) Jakarta Timur dan Jakarta Utara. Sehingga, Pos Peduli TB dapat dikatakan menjadi representasi dari pada kepedulian masyarakat terhadap upaya penanggulangan TB di Indonesia. Telur yang terkumpul akan dibagikan setiap minggu oleh para kader TB. Selain memberikan telur bagi pasien TB, para kader juga akan melakukan penyuluhan TB dan mendata masyarakat yang memiliki ciri menderita penyakit TB (suspect)," ujar dia.

Tercatat, lokasi Pos Peduli TB Jakarta Timur akan berdiri di Kecamatan Kramat Jati, Balekambang, Tengah, Cililitan, Batu Ampar, Pinang Ranti, Makassar, Halim, Cipinang Melayu, Kebon Pala, Pisangan Timur, Pulo Gadung, Pondok Bambu, Duren Sawit, dan Klender. Sedangkan Pos Peduli TB Jakarta Utara mulai di Kelurahan Kelapa Gading Barat, Pagangsaan 2, Tanjung Priok, Warakas, Sunter Agung, Pademangan Timur, Pademangan Barat 1, Pademangan Barat 2, Ancol, Semper Barat 1, Semper Barat 2 sampai Rorotan.

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana berjanji menekan angka penderita penyakit TB di wilayahnya. Bambang mengatakan, "Kantor Walikota Jakarta Timur siap membantu langkah-langkah Sudin Kesehatan dan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU guna mencapai sesuai harapan."

Sejauh ini, selama bergerak memberantas TB sejak tahun 2010, PKPU telah melatih 121 kader TB di Jakarta Timur, menjaring 2.419 pasien suspek dan 578 (Case Notofication Rate) CNR, melatih 500 Pengawas Menelan Obat (PMO), melakukan sosialisasi pada ribuan orang, dan menginisiasi pembentukan Kawasan Sadar TB.

"Sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional, PKPU ingin terus berpartisipasi membantu pemerintah dalam menanggulangi TB di Indonesia. Banyaknya faktor yang menjadi pencetus penyakit TB seperti kemiskinan, HIV, Diabetes, TB di lapas, Multi Drug Resistance (TB kebal obat), menyebabkan masalah ini tidak dapat diatasi sendiri oleh pemerintah. Kerjasama lintas sector perlu ditingkatkan agar upaya penggulangan TB di Indonesia dapat berjalan dengan optimal," kata cecep.

Kampanye Hari TB Dunia 2015 tersebut, selain itu juga dihadiri Manager HEN PKPU Ferry Suranto serta para pembina dan Kader TB di dua Wilayah yaitu Jakarta Timur dan Utara.

sumber: inilah

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Walikota Jakarta Timur Resmikan 27 Titik Pos Peduli TB Yang Didirikan Oleh PKPU"

Post a Comment