Wali Kota Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 - Suara Medan | Info Medan Terkini

Wali Kota Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54

SUARAMEDAN.com -Pelaksanaan upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 tahun 2018 berlangsung tertib dan penuh khidmat di halaman depan Balai Kota Medan, Senin (19/11). Meski hujan mengguyur namun seluruh peserta tetap mengikuti upacara  yang dipimpin langsung Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH hingga berakhir.

            Upacara dirangkaikan dengan pemberian sejumlah penghargaan. Selain menyerahkan piagam penghargaan kategori Dokter Teladan dan Puskesman Berprestasi, Wali Kota juga memberikan sertifikat kepada rumah sakit, perusahaan serta pemenang lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional tersebut.

            Untuk kategori Dokter Teladan Nasional, piagam penghargaan diberikan Wali kota kepada Dr Jusup Paska Ginting. Sedangkan kategori Puskesmas Berprestasi, Wali Kota memberikan kepada Puskesmas Sentosa Baru. Selanjutnya Wali Kota memberikan sertifikat kepada Rumah Sakit Murni Teguh, Rumah Sakit Siloam dan Rumah Sakit Royal Prima.

            Kemudian dilanjutkan dengan pemberian sertifikat kepada dua perusahaan yakni PT Sinar Deli Lestari Indah dan Bank Sumut. Sedangkan untuk pemenang lomba, Wali Kota memberikan penghargaan kepada dua orang jurnalis yakni Triadi Wibowo dari Harian Sumut Pos dan M Daniel Effendi Siregar dari Harian Tribun Medan.

            Dalam upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54 yang mengusung tema, “Aku Cinta Sehat” , Wali Kota menyampaikan sambutan tertulis Menteri Kesehatan Nasional RI Nila Farid Moeloek. Dikatakan, tema yang diangkat sejalan dengan program  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

            Kedua program itu, jelasnya, menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan. Di samping itu peringatan Hari Kesehatan tahun ini, diharapkan dapat menjadi momentum yang baik bagi semua untuk merenungkan dan intropeksi terhadap apa yang telah dicapai dalam pembangunan kesehatan.

            Selanjutnya ungkapnya, GERMAS merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dalam membangun kesadaran, kemamuan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkankualitas hidup dan produksi bangsa. “Jadi pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari diri sendiri. Kemudian keluarga, tatanan masyarakat dan akhirnya seluruh komponen bangsa,” ungkap Wali Kota.

            Di hadapan Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi, Sekda Ir Wirya Alrahman MM , pimpinan OPD, camat serta pegawai di lingkungan Sekretariat Pemko Medan, Wali Kota tak lupa berpesan kepada seluruhtenaga kesehatan mulai dari tingkat posyandu, pustu, puskesmas, klinik dan rumah sakit agar memberikan pelayanan komprehensif kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

            Selain itu tegas Wali Kota lagi, petugas kesehatan juga diharapkan  tidak hanya menunggu masyarakat datang untuk berobat, tapi mereka harus rutin untuk turun langsung ke tengah-tengah masyarakat agar lebih mengetahui kondisi dan situasi kesehatan di tingkat lingkungan sekitar.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Wali Kota Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-54"

Post a Comment