LPM Unimed Dampingi Perguruan Pencak Silat Raga Insani Pantai Cermin - Suara Medan | Info Medan Terkini

LPM Unimed Dampingi Perguruan Pencak Silat Raga Insani Pantai Cermin

SUARAMEDAN.com -Melestarikan budaya leluhur merupakan kewajiban bagi anak bangsa, pencak silat sebagai salah satu olahraga warisan leluhur bangsa kita, sudah sepantasnya mendapat perhatian khusus dari seluruh lapisan masyarakat. Hal inilah yang menjadi salah satu fokus perhatian Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Unimed, dalam melestarikan dan menghidupkan  budaya bangsa. Maka LPM Unimed menugaskan tim pengabdian yang untuk dapat mendampingi perguruan pencak silat raga Insani Desa Ara Payung Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.

Tim pengabdian yang diketuai Zen Fadli, S.Pd, M.Pd, saat ditemui pada kamis 1 November 2018, disela-sela kegiatan pendampingan bagi  olahraga pencak silat yang ada di Desa ara Payung, mengatakan bahwa kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa. Ketertarikan tim dalam melakukan kegiatan pengabdian di perguruan pencak silat raga insani, didasarkan bahwa perguruan ini ingin menghidupkan kembali budaya pencak silat Banjar yang sudah lama mati. Hal ini sangat wajar, karena 80% penduduk desa Ara Payung Merupakan suku Banjar, yang memiliki kesenian khas sendiri yaitu gerakan pecak silat suku Banjar. Kekhasan yang dimiliki inilah kemudian yang menarik tim pengabdi untuk membantu mengembangkan pencak silat di Desa Ara Payung.

Kegiatan ini sendiri melibatkan dua orang dosen yaitu beranggotakan Puji Ratno, S.Si, M.Pd dan Irwansyah, S,Sn, M.Sn. dan dua orang mahasiswa. Kegiatan ini dimulai pada 1- 5 November 2018 di perguruan pencak silat raga Insani Desa Ara Payung. Bapak Ahmadi SE, Selaku Kepala desa ara Payung menyambut baik kegiatan yang dilakukan di desanya. Beliau berharap remaja dan anak anak baik putra maupun putri yang berlatih di perguruan pencak silat semakin termotivasi dan semangat untuk terus berlatih.

Beliau juga menyatakan bahwa pihak desa sangat mendukung kegiatan latihan pencak silat yang ada didesanya, bukti dukungan beliau dengan menyiapkan seluruh sarana dan pra sarana yang dibutuhkan oleh perguruan dalam menjalankan latihan. Dengan kegiatan ini pelatih dan dosen dapat saling berbagi pengalaman dalam mengembangkan kemampuan silat remaja di desanya. Harapan beliau kedepan kerjasama antara LPM Unimed dengan perguruan pencak silat Raga Insani dapat berjalan dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "LPM Unimed Dampingi Perguruan Pencak Silat Raga Insani Pantai Cermin"

Post a Comment