Wali Kota Ajak Semua Kembangkan Koperasi Guna Penguatan Ekonomi Kerakyatan - Suara Medan | Info Medan Terkini

Wali Kota Ajak Semua Kembangkan Koperasi Guna Penguatan Ekonomi Kerakyatan

SUARAMEDAN.com -Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengharapkan seluruh pelaku koperasi dapat meningkatkan semangat dan inovasinya, sehingga ke depan koperasi benar-benar mampu tampil sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Di samping itu juga dapat mensejahterakan anggotanya serta melindungi produk-produk yang dihasilkan, khususnya produk-produk unggulan di Kota Medan.

                Demikian harapan yang disampaikan Wali Kota ketika menghadiri acara Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71 tahun 2018 di Lapangan Sepakbola Rengas Pulau Marelan, Kamis (22/11) petang. Di acara itu Wali Kota juga membuka Bazar Pameran Produk  UKM 2018 yang diikuti puluhan stand.

                Kemudian Wali Kota dalam Peringatan Harkopnas yang mengusung tema, “Penguatan Koperasi Mendukung Ekonomi Nasional”,  menginginkan agar  koperasi mampu bersinergi dengan korporasi   dalam menghadapi persaingan ekonomi, kualitas dan kontinuitas produk harus tetap terjaga agar koperasi semakin eksis dan bersaing.

                Selanjutnya guna memajukan koperasi di Kota Medan, Wali Kota mengatakan telah memberikan bantuan wirausaha  para pelaku UMKM pemula, penyerahan sertifikat nomor induk koperasi, penyerahan sertifikat label halal, penyerahan sertifikat koperasi sehat serta penyerahan bantuan peralatan yang menunjang kegiatan UMKM.

                “Semua ini kita lakukan guna meningkatkan semangat para pelaku UMKM dalam menggerakkan pertumbuhan koperasi di Kota Medan. Dengan demikian perkembangan koperasi dapat terus ditingkatkan untuk penguatan ekonomi kerakyatan,” kata Wali Kota.

                Meski demikian Wali Kota mengingatkan, penguatan ekonomi bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah semata melainkan tugas dan tanggungseluruh masyarakat Kota Medan. “Untuk itu mari semua bekerja keras dan bekerja cerdas mengembangkan koperasi demi menguatkan perekonomian nasional yang kita usung bersama,” ungkapnya.   

                Usai memberikan sambutan, Wali Kota kemudian membuka Bazar Pameran Produk  UKM 2018 yang ditandai dengan pemukulan gong. Setelah itu Wali Kota didampingi Kadis Koperasi UKM Kota Medan Emilia Lubis memberikan penmghargaan  kepada tokoh koperasi  yang mempunyai kepedulian dan berjasa dalam membangun maupun memajukan koperasi, terutama dalam lingkungan institusi.

                Selain itu Wali Kota juga menyerahkan penghargaan kepada penggiat koperasi dalam memajukan koperasi yang dipimpinnya. Kemudian diteruskan dengan pemberian sertifikat kesehatan koperasi, memberikan bantuan sarana dan prasarana serta pemberian sertifikat halal bagi UKM makanan ringan.

                Untuk mendirikan dukungan dan motivasi kepada para pelaku UKM, Wali Kota selanjutnya meninjau satu persatu stand. Selain melihat aneka produk yang ditampilkan, tak lupa mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan itu berpesan kepada seluruh pelaku UKM agar terus meningkatkan semangat dan inovasinya sehingga koperasi ke depannya dapat menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

                Sementara itu Kadis Koperasi UKM Kota Medan Emilia Lubis mengatakan, koperasi akan semakin berdaya saing dan maju apabila mampu menerapkan prinsip-prinsip koperasi secara konsisten serta mengikuti kaidah umum dalam dunia bisnis. Selain itu juga diperlukan sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah dan stakeholder dalam pemberdaan koperasi.

                Emilia kemudian menjelaskan, Peringatan Harkopnas dirangkaikan dengan Bazar UKM yang diikuti 150 pelaku UKM dengan menampilkan aneka produk dalam bentuk makanan ringan, handy craft, pemaran Batik Medan dan Songket Deli yang diselenggarakan Dekranasda Kota Medan pimpinan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH.  “Acara ini kita jadikan momentum untuk lauching pemasaran online (e-commerce) guna mendukung kemajuan koperasi di kota Medan,” jelas Emilia.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Wali Kota Ajak Semua Kembangkan Koperasi Guna Penguatan Ekonomi Kerakyatan"

Post a Comment