Pengelola Wisata Pemandian Alam Batu Nongol Dapat Bantuan Dari LPM Unimed - Suara Medan | Info Medan Terkini

Pengelola Wisata Pemandian Alam Batu Nongol Dapat Bantuan Dari LPM Unimed

SUARAMEDAN.com -Kegiatan pariwisata merupakan salah satu sumber penghidupan bagi sebagian masyarakat desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai. Adanya aliran sungai bah Bolon yang indah dan memiliki air yang jernih, dan melintasi  desa ini dijadikan oleh sebagian warga untuk dijadikan salah satu objek wisata. Namun dalam pengelolaan lokasi wisata ini banyak mengalami kendala dan berakibat pada menurunnya jumlah pengunjung objek wisata pemandian batu nongol. Kendala kebersihan dan kurangnya fasilitas kebesihan di objek wisata serta pengelolaan belum memiliki sistem pengelolaa keuangan yang baik.

Hal inilah yang membuat tim pengabdi merasa terpanggil untuk membantu permasalahan pengelola dalam meningkatkan kembali pendapatan mereka dari mengelola objek wisata pemandian alam. Ketua tim pelaksana kegiatan ini adalah Bapak Muhammad Faisal Ansari Nasution, M.Pd dan dibantu oleh dua orang dosen dan 2 orang mahasiswa. Disela sela kegiatan beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini diawali dengan kegiatan survey lokasi untuk menentukan permasalahan mendasar, sampai kemudian dilakukan kegiatan pendampingan dalam pengelolaan sampah dan pengelolaan keuangan. Dan diakhiri dengan kegiatan serah terima peralatan kebersihan yang diberikan kepada koordinator pengelola wisata pemandian Alam Batu Nongol  yaitu kepada bapat Gunawan Sumantri.

Kegiatan ini sendiri berlangsung mulai bulan Agustus Sampai September 2018 dan dilakukan langsung di lokasi pemandian alam Batu Nongol Desa Buluh Duri. Sebagai Koordinator pengelola wisata alam batu nongol, Bapak Gunawan Sumantri menyampaikan rasa bangga kepada tim pengabdi yang telah menjadikan lokasi wisata yang mereka kelola menjadi tempat kegiatan pengadian oleh dosen-dosen Universitas Negeri Medan. Beliau bersama rekan-rekan pengelola bersyukur bahwa mereka mendapatkan pengetahuan pemahaman bagaimana mengelola objek wisata penamdian yang baik, sehingga pengujung merasa betah dan akan kembali lagi untuk berwisata di lokasi wisata Batu Nongol. Dan batuan berupa peralatan kebersihan yang diberikan akan dimaksimalkan penggunaan untuk menunjang kegiatan kebersihan di lokasi pemandian alam batu Nongol. Beliau juga berpesan agar kerjasama yang baik antara pihak pengelola dan Universitas Negeri Medan dapat dilanjutkan untuk waktu yang akan datang.

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "Pengelola Wisata Pemandian Alam Batu Nongol Dapat Bantuan Dari LPM Unimed"

Post a Comment