HAMAS dan Fatah Bersatu, Ini Tanggapan Arab Saudi - Suara Medan | Info Medan Terkini

HAMAS dan Fatah Bersatu, Ini Tanggapan Arab Saudi


HAMAS dan Fatah Bersatu, Ini Tanggapan Arab SaudiSUARAMEDAN.com - Bersatunya HAMAS dan Fatah di Palestina menjadi era baru kebangkitan Islam di Timur Tengah dari penjajahan Israel. Mnanggapi hal tersebut Arab Saudi menyambut baik rekonsiliasi dua faksi Palestina yang selama ini selalu bersaing,Hamas dan Fatah, dan menyatakan siap membantu Palestina dalam mendapatkan hak legitimasinya. Demikian dilaporkan oleh kantor berita Saudi SPA.


Mengutip sebuah sumber di kementerian luar negeri Saudi, SPA mengatakan Saudi mengharapkan rekonsiliasi akan "mewujudkan harapan persaudaraan rakyat Palestina untuk mengakhiri perpecahan dan mencapai persatuan".

Dua faksi Palestina yang selama ini bermusuhan --Hamas dan Fatah-- menandatangani pakta rekonsiliasi, Kamis (12/10/2017) waktu setempat. Hamas sepakat menyerahkan kendali pemerintahan Gaza kepada Fatah, termasuk penyeberangan perbatasan Fatah yang dianggap sangat penting.

Kesepakatan dicapai setelah sepuluh tahun setelah kantong itu dikuasai Hamas melalui perang saudara.

Kesepakatan yang ditengahi oleh Mesir itu menjembatani perbedaan besar antara Partai Fatah pimpinan Presiden Mahmoud Abbas yang didukung Barat dengan Hamas yang dilabeli teroris oleh Barat dan Israel.

Persatuan Palestina itu juga menguatkan posisi Abbas dalam setiap perundingan Palestina di daerah-daerah Palestina yang diduduki Israel

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "HAMAS dan Fatah Bersatu, Ini Tanggapan Arab Saudi"

Post a Comment