Syaiful Ramadhan Selalu Biasakan Anak Berpuasa Sejak Dini - Suara Medan | Info Medan Terkini

Syaiful Ramadhan Selalu Biasakan Anak Berpuasa Sejak Dini

Syaiful Ramadhan dan Keluarga
SUARAMEDAN.com - Bulan Ramadhan yang dikenal sebagai bulan penuh berkah dan keutamaan bagi umat Islam di dunia, bisa dijadikan moment yang tepat untuk pendidikan disiplin dan akhlak anak sejak dini.

Dengan mengajarkan anak puasa sejak dini, mereka akan terbiasa menjalankan ibadah puasa sebagai sebuah kebiasaan dan bukan lagi menjadi tekanan. Hal ini akan bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan spiritual anak di masa mendatang.

Syaiful Ramadhan, Kabid Humas PKS Kota Medan dan Ketua BKM Masjid Muslimin Pantai Burung ini bercerita, setiap momentum puasa ramadhan ia selalu membiasakan anak-anaknya untuk berpuasa sejak dini, bahkan membiasakan anak-anaknya untuk melaksanakan sholat tarawih setiap malam.

"Memang cukup berat bagi anak-anak untuk melakukannya, tapi dengan memberikan pemahaman, alhamdulillah mereka mau melaksanakannya. Bahkan Anak saya yang paling kecil usia 5,5 tahun mulai dari ramadhan pertama sampai sekarang alhamdulillah masih berpuasa penuh, walau setelah adzan zuhur ia minta berbuka," ujarnya.

Dikatakannya, sejak dini ia sudah mengajarkan kepada anak, bahwa untuk mendapatkan sesuatu tidak dapat diperoleh dengan instan, dan harus ada pengorbanan untuk dapat hasil yang baik.

"Melalui puasa ramadhan, saya ingin mengenalkan dan mengajarkan kepada anak - anak bahwa dalam momen puasa, kita harus ingat kepada saudara-saudara kita yang mungkin kekurangan. Saya juga mendidik akan adanya kemenangan yang menanti, artinya proses menuju hasil itu penting untuk dipahami anak," ungkapnya.

Selain fokus pada anak, Syaiful Ramadhan tetap menjalankan aktivitas puasa seperti tahun-tahun sebelumnya. Kebiasaan selama puasa, katanya, tetap beraktifitas seperti biasa, bahkan terasa lebih nikmat ketika diperkerjaan dengan tidak terasanya waktu.

"Dan saya tetap menjaga dan membiasakan untuk tidak tidur setelah sahur, karena dari sisi kesehatan ini tidak baik. Setelah sahur sebelum melaksanakan salat subuh saya biasakan mandi terlebih dahulu biar segar dan setelah Subuh saya mengikuti kegiatan subuh keliling dari Masjid ke Masjid bersama PKS Medan Maimun," terangnya. [sm]

Subscribe to receive free email updates:

loading...

3 Responses to "Syaiful Ramadhan Selalu Biasakan Anak Berpuasa Sejak Dini"

  1. Kami adalah B-O-L-A-V-I-T-A AGEN terpercaya dan banyak bonusnya
    disini bisa bermain dengan aman dan nyaman
    Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    wechat : bolavita
    line : bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: 2A56BA07 (FULL) & 7B51876A (FULL) & D1A1E6DF (NEW)

    ReplyDelete
  2. yuk.. gabung di updatebetting dan menangkan hadiah menariknya :)

    ReplyDelete
  3. mari coba keberuntungannya bersama kami di updatebetting
    ditunggu apalagi,ayo buruan daftar

    ReplyDelete