2019, Kota Medan Akan Punya LRT - Suara Medan | Info Medan Terkini

2019, Kota Medan Akan Punya LRT


2019, Kota Medan Akan Punya LRTSUARAMEDAN.com - Jakarta - Proyek kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) Medan ditarget mulai konstruksi pada tahun 2019 dengan perkiraan dana investasi menelan Rp 6,3 triliun.


Pemerintah tidak menutup kemungkinan bahwa proyek tersebut diberikan kepada swasta, atau bisa dilakukan dengan skema kerjasama antara pemerintah daerah dengan swasta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jika pembangunan LRT Medan dengan skema kerjasama pemerintah daerah dengan swasta, maka Pemda harus memastikan tanah untuk proyek tersebut sudah tersedia.

"Biasanya mereka share equity berupa tanah. Tanah yang sediakan pemerintah daerah. Seperti yang di Bandung, BUMD Pemda setor tanah sebagai equity," kata Budi di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (7/6/2017).

Dia menyebutkan, sampai saat ini pembangunan LRT Medan masih dalam kajian, seperti untuk rutenya hingga pemanfaatannya.

"Seperti akan melengkapi aksesibilitas ke bandara saat ini, akan studi mana traffic yang inti," jelasnya.

Nantinya, kata Budi, penetapan investor serta kontraktor juga akan melalui beauty contest atau tender.

Berdasarkan data PPP Book 2017 yang diterima detikFinance, jalur LRT Medan direncanakan bakal membentang sepanjang 22,74 km melewati Medan bagian Selatan menuju ke Utara.

Jalurnya akan terbentang di sisi kanan jalan arteri yang telah ada, melewati Jalan Letjend Jamin Ginting ke HM Yamin dan Jalan Wiliem Iskandar. Berdasarkan data yang ada, setidaknya akan ada 20 stasiun yang bakal dilewati di sepanjang 22,74 km tersebut. Dimulai dari Stasiun RS Adam Malik hingga Stasiun Universitas Medan.

Kecepatan moda transportasi massal bermodel kereta api perkotaan ini direncanakan mencapai 80 km/jam.

Terbangunnya LRT Medan diharapkan bisa mengurangi kemacetan dan memperbaiki konektivitas di daerah perkotaan Medan. Meski telah memiliki jaringan perkeretaapian yang menghubungkan Medan dengan kota dan kabupaten lain di provinsi Sumatera Utara, namun moda transportasi kereta api perkotaan masih belum tersedia di Medan.

sumber: dna

Subscribe to receive free email updates:

loading...

1 Response to "2019, Kota Medan Akan Punya LRT"

  1. mari segera bergabung bersama kami di agen updatebetting...
    silakan daftar , deposit , mainkan dan menangkan hadiahnya
    ditunggu yahhh kehadiran anda

    ReplyDelete