PTPN4 dan MTT Support Kegiatan Diklatsar Angkatan Ke-5 BSMI Sumut - Suara Medan | Info Medan Terkini

PTPN4 dan MTT Support Kegiatan Diklatsar Angkatan Ke-5 BSMI Sumut

SUARAMEDAN.com - Relawan dianggap sebagai ujung tombak lembaga kemanusiaan dalam menjalankan program-program kemanusiaan. 

Salah satu lembaga kemanusiaan yang rutin membuka rekrutmen relawan adalah Bulan Sabit Merah Indondesia (BSMI), Setidaknya dalam setahun, BSMI melakukan open recruitment relawan Kemanusiaan.

Inilah salah satu langkah yang dilakukan, sebelum terlibat aktif dalam berbagai aktivitas di BSMI, relawan tersebut harus menjalani Pendidikan Dasar (Diksar) selama 2 hari. Diklatsar ini biasanya dilakukan di regional BSMI di masing-masing wilayah. Pemberian materi-materi teknis ini dilakukan oleh ahli dari BNPB, satuan Brimob Poldasu, Tagana, Eksplore Sumatera Utara dll.

Selain pemberian materi-materi teknis, seperti Mengenal BSMI, Survival, Vertikal Rescue, Water Rescue, Trauma Helaing dan lain sebaginya para relawan ini juga mendapatkan materi nilai-nilai kerelawanan, termasuk mengenai nilai keikhlasan.

Sejumlah 73 orang peserta yang mengikuti acara ini "Kemudian nantinya dia akan banyak terlibat di aktivitas BSMI. Sehingga dia betul-betul memahami dan mendalami nilai-nilai sosial, kemanusiaan, nilai berbagi, dan nilai-nilai keikhlasan. Valuenya itu ada di dalam aktivitas-aktivitas tersebut, . "Jadi setelah diksar, mereka akan dilibatkan di semua aktivitas BSMI, baik yang reguler ataupun kebencanaan. Di situlah dia akan mendapatkan penguatan, penumbuhan, jiwa kerelawanan, keikhlasan, dan berbagi," ujar Zia Indriani S.KG, selaku ketua panitia Diklatsar angkatan ke-V saat dihubungi suaramedan.com

Diklatsar ini pun menjadi syarat mutlak/utama untuk menjadi seorang relawan BSMI. Hadir juga dalam acara diklatsar angkatan ke-V ini yang di adakan pada tanggal 7-8 April 2018 Berlokasi di daerah Perkemahan Sei Bingei Kab.Langkat dr.Nuryunita Nainggolan, Sp.P (K) selaku Ketua Umum BSMI Wilayah Sumatera Utara dimana beliaulah yang membuka sekaligus menutup acara Diklatsar kali ini, dan berkesempatan memberikan Materi tentang bagaimana membentuk dan menciptakan karaktersitik seorang relawan kemanusiaan. 



Pesan beliau kepada seluruh relawan untuk tetap semangat dan menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan sebab tugas tugas kemanusiaan masih banyak untuk di lakukan, Relawan itu harus siap kapan saja dan dimana saja ketika panggilan kemanusiaan memanggil kita, tambahnya.
Zia Indriani selaku ketua panitia Diklatsar ke-V kali ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pihak PTPN4 dan MTT (Majelsi TaklimTelkomsel) Sumbagut yang telah mensupport dan memberikan kontribusi besar berupa bantuan dana kegiatan diklatsar tahun ini. Atas nama BSMI kami mengucapkan Semoga semakin sukses untuk PTPN4 dan MTT..(kk/sm)

Subscribe to receive free email updates:

loading...

0 Response to "PTPN4 dan MTT Support Kegiatan Diklatsar Angkatan Ke-5 BSMI Sumut"

Post a Comment